Pemko Payakumbuh Adakan Lomba Forikan dan Implementasi Gemarikan pada Kurikulum PAUD -->

Pemko Payakumbuh Adakan Lomba Forikan dan Implementasi Gemarikan pada Kurikulum PAUD

Kamis, 13 Februari 2020, 13:51
Lomba Forikan antar kelurahan. (foto ridho)

Payakumbuh, Rakyatterkini - Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pertanian bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) menggelar lomba antar kelurahan.

Selain itu juga implementasi gemarikan pada kurikulum PAUD di aula Bakinco Resto, Kelurahan Koto Tangah, Payakumbuh Barat, Rabu (12/2/2020).

Lomba ini diikuti perwakilan Forikan pada setiap kelurahan dan PAUD yang seluruh pesertanya berjumlah 63 orang.

Hadir dalam lomba tersebut Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi, Wakil Ketua Forikan, Machdalena Erwin Yunaz, Kabid PAUD Irwandi serta Perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kemenag Kota Payakumbuh.

Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi mengatakan ikan merupakan salah satu makanan yang mudah didapat. Ikan adalah sumber protein yang tinggi dan lengkap dengan Omega Tiga yang sangat baik untuk otak.

Untuk itu, mari giatkan program Forikan dan Gemarikan mulai dari lingkungan terkecil. Yang terpenting adalah ikan adalah makan yang sangat baik untuk anak-anak kita, mari biasakan kepada anak-anak untuk makan ikan.

Henny menyebutkan gemar makan ikan jangan hanya saat digelar lomba, tapi bagaimana gemar makan ikan ini menjadi tradisi kebutuhan dalam rumah tangga.

Setidaknya dalam rumah tangga sehat mesti mengkonsumsi setidaknya dua ons ikan per kepala, itu kalau bisa dimaksimalkan. Untuk mewujudkan semua itu perlu adanya sosialisasi kepada warga, kapan perlu pihak kelurahan menyiapkan sampel.

Kuantitas warga mengkonsumsi ikan semakin meningkat. Karena ikan dimasak dalam bentuk apapun akan tetap lezat dan gurih, serta mudah didapat.

Setelah mendapatkan arahan dari Ketua Forikan Kota Payakumbuh, acara puncak langsung dilaksanakan yaitu ekspose kinerja Forikan dan Gemarikan dari kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh.

Espose ini dibagi dalam dua kelas kategori penilaian, pertama lomba kinerja Forikan di kelurahan dan kedua Lomba implementasi Gemarikan pada kurikulum PAUD. (rdo)

TerPopuler