Panwascam Payakumbuh Barat Buka Pendaftaran Panwaskel, Ini Syaratnya

Panwascam Payakumbuh Barat Buka Pendaftaran Panwaskel, Ini Syaratnya

Sabtu, 15 Februari 2020, 16:54
Add caption

Payakumbuh, Rakyatterkini - Bawaslu Payakumbuh melalui Panwascam Payakumbuh Barat membuka kesempatan bagi warga untuk menjadi Panwaslu Kelurahan yang akan bertugas di pemilihan Gubernur Sumbar 2020.

Hal ini berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019

"Panwascam Payakumbuh Barat membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kelurahan, "ujar ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Khadafi, Sabtu (15/2).

Ia mengatakan, pembukaan pendaftaran dimulai Minggu (16/2/2020) sampai dengan Sabtu (22/2/2020) di masing-masing sekretariat panwascam.

Dengan Rekrutmen ini, ia mengharapkan putra-putri Payakumbuh banyak yang berkeinginan akan  mengemban amanah menjadi Panwaslu kelurahan, sehingga pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang berintegritas bisa terlaksana di Kota Payakumbuh dan berjalan di track yang benar.

"Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945," katanya.

Senada, ketua Panwascam Payakumbuh Barat, Ade Hendra menyebutkan, calon panwas kelurahan diharapkan mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil.

Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan Pemilu.

Persyaratan lainnya, berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat. Berdomisili di kecamatan Payakumbuh Barat yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau di badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai calon.

Hal lainnya tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

"Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih," katanya.

Lalu tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu dan mendapatkan izin dari atasan langsung untuk mengikuti seleksi dan bekerja penuh waktu apabila terpilih bagi yang menjalani profesi lain.

Menurutnya, warga yang berminat menjadi panwas kelurahan dapat mencatat berkas di panwascam atau info lebih lanjut di website dan media sosial Bawaslu Payakumbuh. "Pendaftaran tidak dipungut biaya, "tutupnya. (rdo)

TerPopuler