Mencegah Kanker Rahim, Puskesmas Muara Siberut Gelar Tes IVA

Mencegah Kanker Rahim, Puskesmas Muara Siberut Gelar Tes IVA

Kamis, 06 Februari 2020, 07:51
Tim Puskesmas Muara Siberut, Mentawai. (foto jaibi)

Mentawai, Rakyatterkini - Hari kanker sedunia diperingati pada 4 Februari. Momen ini digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap penyakit kanker, pembunuh nomor dua di dunia.

Pada peringatan kali ini, Puskesmas Muara Siberut, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, melaksanakan deteksi dini terhadap kanker rahim dengan menggunakan IVA test.

Prinsipnya sekecil apapun hal yang dilakukan, setiap orang punya kapasitas dan peran untuk mencegah kanker, ujar Marinus Kirei kepada awak media, Selasa (4/2/2020).

Dikatakan, pelaksanaan kegiatan dalam peringatan hari kanker sedunia ini digelar seluruh Indonesia, dimana pelaksanaannya di lingkup masing-masing dinas kesehatan.

“Peringatan hari kanker sedunia kita laksanakan di lingkungan Puskesmas Muara Siberut dengan mengundang warga setempat untuk melakukan pemeriksaan secara gratis,” ujar Marinus.

Tak hanya itu, momen hari kanker sedunia ini bukan semata mengajak masyarakat untuk melakukan pemeriksaan, akan tetapi pihaknya mewajibkan setiap warga untuk melakukan pengecekan secara berkala, sehingga kesadaran masyarakat tentang kesehatan terwujud.

Disebutkan, pelaksanaan pemeriksaan kanker serviks di wilayah Muara Siberut tidak dipunggut biaya dan pihaknya mengutamakan ibu-ibu yang datang untuk melakukan pemeriksaan, selain itu kegiatan ini terbuka untuk semua kalangan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, mengapresiasi kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks yang dilaksanakan Puskesmas Muara Siberut dalam memperingati hari kanker sedunia.

“Kita mengajak masyarakat, khususnya kaum ibu untuk selalu memeriksa penyakit yang sering menjadi hambatan dalam kesehatan, salah satunya kanker serviks,” tuturnya.

Ia berharap, kegiatan hari kanker sedunia ini didukung segenap komponen masyarakat demi mengurangi beban kanker secara global serta meningkatkan kesetaraan bagi seluruh masyarakat Mentawai yang lebih sehat lagi. (jaibi)

TerPopuler