Masyarakat Mentawai Antusias Urus PTSL Kepemilikan Sertifikat

Masyarakat Mentawai Antusias Urus PTSL Kepemilikan Sertifikat

Jumat, 14 Februari 2020, 19:24
Suasana pendaftaran tanah sistimatik lengkap (PTSL) di Desa Goisoinan, Sipora Utara. (foto jaibi)

Mentawai, Rakyatterkini - Pendaftaran Tanah Sistimatik Lengkap (PTSL) yang diprogramkan pemerintah pusat untuk kepemilikan sertifikat, membuat masyarakat antusias akan mengurus hal itu di kantor desa..

Melalui program tersebut, warga Desa Goisoinan, Sipora Utara langsung mendatangi kantor Desa Goisoinan untuk menanyakan langsung, bagaimana persyaratan untuk bisa ikut program PTSL tersebut.

Kepala Desa Goisoinan, Hasan Basri menyambut positif program itu, di samping mempunyai kekuatan hukum atas hak kepemilikan tanahnya juga bisa diperuntukan bila warga membutuhkan finansial yang amat mendesak.

Pengurusan sertifikat ini warga sangat diuntungkan karena tidak dipungut bayaran (gratis).

Tanah warga yang sudah dilakukan pengukuran mencapai 270 bidang, untuk sementara pengukuran tanah di Desa Goisoinan distop sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh BPN Mentawai. Petugas pengukur tanah dari BPN akan berpindah tugas ke desa lain di kecamatan Siberut.

"Rencana pada Maret akan dilanjutkan lagi pengukuran tanah warga yang telah mendaftar,  untuk capai target 500 sertifikat memenuhi kuota yang telah ditetapkan BPN untuk Desa Goisoinan," sebut Kepala Desa Goisoinan, Rabu (12/2/2020).

Suasana kerja pemeriksaan surat tanah warga peserta program PTSL hingga larut malam oleh Sekdes Goisoinan dan staf desa di kantor Desa Goisoinan.

Bila nanti warga yang ikuti program PTSL ini melebihi kuota yang diberikan untuk Desa Goisoinan, maka kita akan menunggu bila diadakan lagi program PTSL ini oleh BPN Kabupaten Kepulauan Mentawai, ujar Hasan Basri. (jaibi)

TerPopuler