Jadi Irup di SMKN 1, Bupati Hendrajoni: Jujur Kunci Sukses Masa Depan

Jadi Irup di SMKN 1, Bupati Hendrajoni: Jujur Kunci Sukses Masa Depan

Rabu, 05 Februari 2020, 07:58
Bupati Hendrajoni jadi Irup di SMKN 1 Painan. (foto ist)

Painan, Rakyatterkini - Bupati Hendrajoni, menjadi pembina upacara bendera di Sekolah Menengah Kejuaraan Negeri (SMKN) 1 Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (2/2).

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu, memberikan motivasi dan semangat kepada siswa-siswi yang saat itu turut mengikuti upacara.

Menurutnya, jika ingin sukses meraih cita-cita di masa mendatang, harus memiliki semangat juang yang tinggi, rajin belajar, serta jauhi perbuatan yang melanggar hukum.

"Namun, yang terpenting adalah kejujuran, sopan serta kepribadian yang baik juga penentu sukses meraih cita-cita," tuturnya.

Selain itu, pelajar juga perlu memiliki keterampilan dan SDM yang handal, sebab, kecerdasan tanpa keterampilan juga tidak ada artinya.

Namun yang terpenting jauhi narkoba dan minuman keras. Jika sudah kecanduan, maka sangat sulit untuk dipulihkan, ucapnya mengingatkan.

Bupati Hendrajoni juga mengajak para guru dan ASN lainnya, agar iklhas dan sabar mendidik anak. Jangan mudah marah ketika melihat perilaku anak mengesalkan.

Hal ini berlaku tidak hanya di sekolah saja. Namun, juga di rumah mesti diterapkan pola demikian. Jika ada yang melanggar atau berbuat salah, silahkan beri teguran jangan hukuman, ujarnya.

Bahkan, ia juga menyebutkan bagaimana disiplin dan tegasnya dirinya terhadap ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

"Tegas boleh saja. Itu demi kebaikan kita bersama juga. Tujuannya agar Pessel tidak kalah dengan daerah lainnya yang ada di Sumbar," katanya.

Di akhir upacara, Bupati Hendrajoni membacakan sebuah puisi untuk siswa dengan judul, "Hidupku Seumpama Bahtera". (baron)

TerPopuler