Humas Gelar Pelatihan, Wakapolda: Berikan Informasi Fleksibel dan Transparan

Humas Gelar Pelatihan, Wakapolda: Berikan Informasi Fleksibel dan Transparan

Selasa, 11 Februari 2020, 13:07
Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol. Rudy Sumardiyanto. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) personel Polri di satuan kerja Reskrimsus, Humas dan TIK, Polda Sumbar, melalui Bidang Hubungan Mayarakat (Bid Humas) menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Fungsi Teknis Kepolisian, Selasa (11/2/2020).

Pelatihan itu dibuka Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol. Rudy Sumardiyanto, mewakili Kapolda Irjen Pol. Toni Harmanto, bertempat di Gedung Rangkayo Basa, Selasa (11/2/2020). Peserta pelatihan itu, Sub Bagian Humas se-jajaran Polda, Reskrimsus dan bagian telekomunikasi informatika komputer (TIK).

Dikatakan Wakapolda, kegiatan ini nantinya dapat dijadikan media yang aplikatif dan bermanfaat untuk mempertajam pemahaman tentang fungsi kehumasan.

Selain itu, personel Polda Sumbar mampu secara cerdas, cermat dan cakap dalam menyikapi setiap informasi dan konten-konten yang tersebar di media sosial maupun media online serta mampu menyampaikan informasi yang tepat dan akurat kepada masyarakat.

Diceritakan, salah satu program prioritas Kapolri adalah pemantapan manajemen media dengan melakukan perubahan yang lebih mendasar pada tubuh Polri, dalam pemberian informasi yang lebih fleksibel dan transparan kepada masyarakat.

Untuk itu diperlukan pelatihan untuk menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang kehumasan.

Selain itu merupakan sarana pembinaan dan peningkatan kemampuan anggota Humas dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Polda Sumbar dalam rangka pemberian informasi kepada masyarakat serta peningkatan citra Polda Sumbar.

Kapolda mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini dengan baik, dan kepada peserta, selamat mengikuti kegiatan pelatihan.

"Pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah pengetahuan, wawasan dan kemampuan sehingga dapat dipedomani dan diaplikasikan di lapangan, "ujar wakapolda.

Kombes Heru Yulianto, dari Divisi Humas Polri memberikan materi pelatihan. (foto ist)

Wakapolda juga menyampaikan arahan Kapolda, yakni personel harus memahami dengan baik eksistensi tugas pokok Polri, dengan bersikap profesional dan proporsional, serta jangan salah bertindak dan berbicara yang tidak sesuai aturan.

Lakukan pengelolaan manajemen media Polri dengan baik, sehingga mampu menghasilkan pengelolaan humas Polri yang lebih maksimal.

Ikuti pelaksanaan pelatihan ini dengan seksama dan sungguh-sungguh serta jangan hanya dijadikan sebagai kegiatan formalitas belaka.

Munculkan berbagai gagasan, pemikiran serta ide baru namun tetap rasional yang dapat diimplementasikan dalam meningkatkan kesiapan dan kemampuan Polri dalam menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks.

Jadikan pelatihan ini sebagai sarana tukar menukar informasi dan cara bertindak dalam menangani berbagai permasalahan tugas yang terkait dengan fungsi Humas Polri dalam mengelola management media yang lebih profesional di masa mendatang.

Serap informasi penting yang disampaikan oleh para narasumber sebagai bahan masukan, baik untuk implementasi di lapangan maupun pengayaan wawasan dalam diskusi.

Inventarisir berbagai persoalan di lapangan dalam kesiapan dan pelaksanaan tugas Polri khususnya fungsi kehumasan, dimana saat ini polri merupakan garda terdepan dalam Pengamanan Pilkada serentak 2020 sebagai bahan masukan pelaksanaan diskusi.

Laksanakan diskusi dengan serius dan berikan kontribusi pemikiran berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk memecahkan berbagai persoalan kehumasan guna kesiapan dalam pelaksanaan tugas Polri di lapangan. (gp)

TerPopuler