FK Unand Gelar FOME II, Kompetensi Pendekatan Keluarga

FK Unand Gelar FOME II, Kompetensi Pendekatan Keluarga

Sabtu, 15 Februari 2020, 13:58
Wakil Dekan I FK Unand, Dr.dr Efrida, M.Kes, SpPK (K) serta koordinator FOME dr. Ida Burhan, MARS foto bersama mahasiswa usai pembukaan di kantor Camat Pauh. (foto rakyatterkini)

Padang, Rakyatterkini - Menumbungkan rasa empati terhadap masyarakat, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) mengadakan Family Oriented Medical Education (FOME).

Kegiatan tahunan ini digelar agar nantinya melahirkan dokter dengan kompetensi pendekatan keluarga.

Pada awal 2020 ini, mahasiswa semester IV program pendidikan dokter itu melakukan kuliah lapangan di Kelurahan Binuang Kampuang Dalam, Pauh, Padang.

Pembukaan FOME ini digelar di Kantor Camat Pauh, dihadiri Wakil Dekan I FK Dr. dr Efrida, M.Kes, SpPK (K),  Koordinator Pelaksana, dr Ida Rahmah Burhan MARS, serta dosen pembimbing di antaranya, Dr. Hasmiwati.

Hadir juga Camat Pauh Jasman, Kepala Puskesmas Pauh, dr. Fardhan, Lurah Binuang serta kader pendamping dari kelurahan.

Menurut Ida Rahmah Burhan, pelaksanaan FOME di pendidikan kedokteran FK Unand dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama atau dikenal dengan FOME I dilaksanakan pada semester ke-3 pendidikan S1.

FOME I merupakan tahap pembekalan dalam bentuk perkuliahan interaktif. Selanjutnya FOME II yang dilaksanakan pada semester ke-IV kegiatan turun ke lapangan. Dalam kegiatan ini masing-masing mahasiswa mempunyai keluarga binaan dan berlatih menerapkan teori-teori yang didapat pada FOME I.

Pada FOME II ini, diikuti sebanyak 251 mahasiswa yang dibagi dalam 26 kelompok dan disebar di setiap masyarakat.

Untuk pendampingan di lapangan satu orang instruktur dan satu kader masing-masing kelompok.

"Di lapangan, mereka langsung bersentuhan dengan masyarakat, ini tantangan bagi mahasiswa, "ujar Ida.

Sebelumnya FOME ini juga telah dilakukan di kawasan Pasir Jambak dan Kelurahan Purus.

Wakil Dekan I FK, Dr.dr.Efrida, M.Kes, SpPK (K) menyerahkan 251 mahasiswa ke Camat Pauh, Jasman yang melakukan kuliah lapangan di Kelurahan Binuang.

Untuk tahap terakhir adalah FOME III yang dilaksanakan pada siklus terakhir tahap pendidikan profesi dokter.

Pada FOME ini, kegiatan yang dilakukan mahasiswa kedokteran untuk mengasah kemampuan di dalam masyarakat, terutama di dalam keluarga. Karena pada dekade ini, dokter umum diharapkan menjadi dokter layanan primer di tingkat keluarga, dengan prinsip pelayanan dokter keluarga.

Selain itu, FOME merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mendidik mahasiswa dengan prinsip-prinsip dasar pelayanan dengan pendekatan keluarga yaitu: holistik, komprehensif, continue, koordinatif, kolaboratif dan family-centered.

Dikatakan, tujuan FOME II ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal masalah kesehatan keluarga secara komprehensif dan holistik, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi masalah kesehatan keluarga, dapat memberikan solusi secara promotif dan preventif serta dapat menimbulkan rasa empati terhadap pasien dan keluarganya.

Selain itu, mahasiswa juga harus mampu memberikan solusi secara promotif dan preventif dalam penanganan masalah kesehatan keluarga binaan.

Dalam FOME, mahasiswa mencatat semua informasi yang didapati selama kegiatan, melakukan landasan ilmiah ilmu kedokteran, masalah kesehatan. Jika nantinya ada temuan lapangan yang butuh penanganan tim medis akan dilaporkan ke Puskesmas untuk ditindaklanjuti.

Wakil Dekan I FK, Dr.dr Efrida, M.Kes, SpPK (K) mengatakan dengan adanya kegiatan unggulan FK Unand berbasis keluarga ini, mudah-mudahan dapat mengantisipasi masalah-masalah kesehatan, mulai dari keluarga pra sehat menjadi sehat.

Efrida mengharapkan pada mahasiswa agar di lapangan menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga binaan, sehingga apapun masalah yang ditemukan akan dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu juga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, terutama di bidang kesehatan.

Sementara Camat Pauh, Jasman mendukung penuh kegiatan FOME FK Unand ini dan mengucapkan terimakasih yang telah mengambil Kelurahan Binuang sebagai lokasi kegiatan. (gp)

TerPopuler