Dana KUR Mentawai Meningkat, Sukri: Bangunlah Usaha di Setiap Sektor

Dana KUR Mentawai Meningkat, Sukri: Bangunlah Usaha di Setiap Sektor

Rabu, 05 Februari 2020, 08:19
Wakil Pimpinan Bank Nagari Cabang Mentawai, Sukri. (foto jaibi)

Mentawai, Rakyatterkini - Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Nagari Cabang Mentawai tahun 2020 ini mengalami peningkatan sebesar Rp15 miliar dari tahun sebelumnya hanya Rp11 miliar.

Wakil Pimpinan Bank Nagari Cabang Mentawai, Sukri realisasi Plafon KUR tahun 2019 sebesar Rp8,608 miliar dengan pencapaian 78,25 persen dan jumlah nasabah 74 Orang.

Disebutkan rata-rata pengguna dana KUR di Kepulauan Mentawai di sektor perdagangan. Padahal KUR dapat digunakan pada sektor pertanian, perikanan, industri pengolahan pangan dan jasa akomodasi wisatawan.

Ia memberi contoh tentang peningkatan usaha kolam masyarakat. Setelah masyarakat melaporkan keinginan meminjam maka pihak bank akan meninjau dan menilai berapa dana KUR yang dapat dipinjam.

"Kita akan melihat dari kapasitas kolam untuk menampung jumlah ikan. Kebutuhan perawatan, jumlah makanan dan perawatan hingga waktu dan hasil panen, "ungkapnya kepada wartawan di ruangannya. Selasa (4/2/2020).

Untuk penilaian agunan dikatakan pihak bank memiliki catatan atau rapor bagi nasabah. Tujuannya, agar dapat menentukan nilai pembayaran agunan. Apabila pembayaran agunan baik, maka jumlah KUR untuk selanjutnya dapat meningkat.

Adapun syarat dana KUR mikro, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, keterangan usaha dan surat keterangan hak milik tanah dari kecamatan.

Setelah memenuhi persyaratan, pihak bank bakal melakukan pemeriksaan, setelah lengkap, lalu pihak bank akan meninjau lokasi usaha, terang Sukri.

Untuk waktu pencarian dikatakannya, paling cepat 3 hari hingga 1 minggu persyaratan diajukan.

Ia mengimbau masyarakat agar memanfaakan dana KUR yang telah tersedia guna dapat meningkatkan usaha masyarakat di setiap sektor.

"Manfaatkan KUR bank yang sudah ada. Jangan sampai kita menjadi penonton dan bangunlah usaha di setiap sektor, "ujar Sukri.

Menurut data, dana KUR telah hadir sejak tahun 2007 hingga saat ini atau selama 12 tahun. Menariknya, tingkat bunga KUR awal 22 persen terus mengecil hingga pada tahun 2020 ini menjadi 6 persen. (jaibi)

TerPopuler