11 Nelayan Hilang Belum Ditemukan, Pencarian Berakhir Hari Ini -->

11 Nelayan Hilang Belum Ditemukan, Pencarian Berakhir Hari Ini

Selasa, 04 Februari 2020, 07:40
Tim Basarnas siap-siap melakukan pencarian 11 nelayan yang hilang. (foto baron)

Pesisir Selatan, Rakyatterkini - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Sumatera Barat masih melakukan pencarian terhadap 11 nelayan Airhaji yang dilaporkan hilang di perairan setempat.

Kasi Kedaruratan, BPBD Pesisir Selatan, Hasnul Karim mengungkapkan, merujuk pada SOP Basarnas, proses pencarian akan berakhir Selasa ini. "Jika tidak juga ditemukan, proses pencarian akan dihentikan, "ujar Hasnul.

Itu sesuai SOP Basarnas. Mengacu hal itu, Selasa ini pencarian sudah berakhir. Untuk maksimalkan pencarian hari terakhir ini, ada tambahan armada kapal cepat dari Basarnas Padang, ungkap Hasnul, Senin (3/2/2020).

Ia menjelaskan, untuk pencarian hari keenam, upaya operasi sudah dilakukan dengan maksimal. Tidak hanya bergerak di satu titik, tapi sudah menyisir laut hingga ke daerah luar perairan Pessel.

"Untuk di Mentawai itu langsung SAR di sana. Namun, laporan yang terima masih sama. Begitu juga untuk Bengkulu (belum membuahkan hasil," jelasnya.

Ia berharap, hingga hari ketujuh (Selasa), upaya pencarian bisa membuahkan hasil. "Tapi meski demikian, itu tetap tergantung hasil dan untuk pencarian kita berdoa semoga berhasil," terangnya.

Diketahui, 11 nelayan yang dilaporkan hilang, Rabu 29 Januari 2020 lalu, diantaranya 10 ABK merek KMP Mitra Utama hilang karena lost contact, dan satu ABK Kapal Bagan merek Kasih Ibu yang dinyatakan hilang terbawa arus gelombang.

Bedasarkan data Dinas Perikanan Pesisir Selatan, sebanyak 11 awak kapal yang dinyatakan lost contak dan hilang terbawa arus tersebut, sebagai berikut: Izal, Engki, Endi, Iwil, Anto, Si'I, Oyon, Muamat, Kimun, Idit (Bagan KMP Mitra Utama-Airhaji) dan Al (Bagan Kasih Ibu). (baron)

TerPopuler