Spesialis Pencungkil Jok Motor Ditangkap

Spesialis Pencungkil Jok Motor Ditangkap

Minggu, 12 Januari 2020, 14:16
Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan berikan keterangan pers. (foto ridho)

Payakumbuh, Rakyatterkini - Tim Buser Satuan Reskrim Polres Payakumbuh, yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Ilham akhirnya berhasil menangkap pelaku spesialis pencurian barang berharga yang disimpan dalam jok motor, Sabtu (11/1).

Pelaku bernisial W (32) warga Kelurahan Payobasung, Payakumbuh Timur, Sumatera Barat ini dibekuk di kediamannya sekira pukul 00.30 Wib.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan didampingi, Wakapolres Kompol Arie, Kasat Reskrim AKP Ilham, Kasat Intel IPTU Luhur Fachri, Kabag Sumda Kompol Rusirwan menyebutkan, bersama pelaku diamankan barang bukti, 2 unit motor yang digunakan saat beraksi dan hasil kejahatan berupa uang tunai, handphone, buku rekening dan ATM.

"Pelaku dibekuk saat berada di rumahnya, " ujarnya saat jumpa pers di Mapolres Payakumbuh, Sabtu (12/1) malam.

Dikatakan, tersangka telah melakukan aksinya sebanyak 4 kali di wilayah hukum, Polres Payakumbuh,  Masing-masing dijalan Soekarno Hatta Tanjung Gadang, Payakumbuh Barat, dengan hasil uang tunai 7 juta pada November lalu, kemudian Desember 2019, di Kelurahan Parit Rantang, Payakumbuh Barat, dengan hasil uang tunai 3 juta dan 1 buah handphone.

Pada tahun 2020 ini pelaku juga melancarkan aksinya di Jorong Tabek, Nagari Koto Baru Simalanggang, Kabupaten Limapuluh Kota dengan hasil uang tunai 3 juta serta Jorong Pakan Raba, Nagari Bayu Payung, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Limapuluh Kota dengan hasil uang tunai 23 juta.

Tersangka beroperasi dengan sistem hunting, mengintai target yang menyimpan uang di dalam jok motor, mengikuti targetnya hingga parkir, lalu ikut parkir di samping kendaraan target. Ketika target pergi atau lengah.

Pelaku sambil duduk di atas motor menginjak motor target bersamaan dengan mengangkat jok motor dengan tangan yang ditutupi dengan tas tanpa bantuan alat, lalu mengambil barang berharga yang di simpan di dalam jok motor. "Aksi ini dilakukan dalam hitungan detik, "jelas Kapolres.

"Ia adalah pelaku tunggal yang melakukan aksinya seorang diri. Pembuktian aksi pelaku dikuatkan dengan 2 rekaman cctv yang didapat dari sekitar tempat kejadian perkara," tambahnya.

Kapolres juga mengungkapkan jok motor bukan tempat yang aman untuk menyimpan barang berharga. "Kami himbau kepada masyarakat untuk tidak menyimpan barang berharga di dalam jok motor karena ternyata beberapa jenis motor dapat dibuka dengan mudah oleh pelaku," tutupnya. (rdo)

TerPopuler