Satresnarkoba Polres Payakumbuh Bekuk Tiga Tersangka Sabu -->

Satresnarkoba Polres Payakumbuh Bekuk Tiga Tersangka Sabu

Minggu, 19 Januari 2020, 20:54
Tiga tersangka sabu dibekuk Tim Gagak Hitam Satresnarkoba Polres Payakumbuh. (foto ridho)

Payakumbuh, Rakyatterkini - Tim Gagak Hitam Satresnarkoba Polres Payakumbuh berhasil mengamankan tiga tersangka yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

Mereka dimanakan di dua tempat berbeda pada Jumat dan Sabtu (17-18/1). Masing-masing di pinggir Jalan Raya Payakumbuh-Lintau tepatnya di Jorong Pakan Senayan, Nagari Bukik Sikumpa, Kecamatan Lareh Sago Halaban dan di Kelurahan Padang Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Tak tanggung-tanggung, Tim yang dipimpin langsung Kasat Resnarkoba, Iptu Desneri, didampingi Kanit I, Satresnarkoba, Aipty Supriyadi "Ed" Dahlan dan Aipda JM. Pasaribu, ini di Jorong Pakan Senayan, Nagari Bukik Sikumpa berhasil membekuk dua orang kakak adik yang diduga telah lama bergelut dengan bisnis haram Narkoba.

Penangkapan kedua tersangka, YO (22) dan sang kakak SA (26) pada pukul 23.30 WIB itu berawal dari informasi dari masyarakat yang menyebutkan akan ada transaksi narkoba tak jauh dari lokasi rumah keduanya.

Dari informasi tersebut, Tim Gagak melakukan penyelidikan terhadap ciri-ciri tersangka. Hingga saat melintas di Jalan Raya Payakumbuh-Lintau, anggota Tim Gagak mencurigai seorang pria yang diduga menunggu calon pasiennya (pembeli narkoba.red).

Benar saja, ternyata pria dimaksud sesuai dengan ciri-ciri tersangka yang diinformasikan masyarakat. Tanpa pikir panjang, tersangka YO diamankan tanpa perlawanan. Dari tangan tersangka berhasil diamankan paket Narkoba jenis sabu-sabu siap pakai.

Usai menangkap YO, Tim Gagak bergerak kerumahnya yang hanya berjarak beberapa meter. Dirumah tersebut kembali diamankan tiga orang, termasuk tersangka SA yang merupakan kakak tersangka YO.

Kepada Tim Gagak, tersangka SA mengakui ia yang meminta adiknya (YO) untuk mengantarkan pesanan narkoba. Tidak itu saja, di rumah itu juga diamankan 1 paket narkoba jenis sabu-sabu yang disimpan dalam kotak rokok serta alat hisap dan plastik.

"Iya, kita amankan dua orang kakak adik yang diduga sebagai pengedar N\narkoba jenis sabu-sabu. Selain dua orang itu, kita juga bawa dua orang lainnya ke Mapolres untuk pemeriksaan, namun karena tidak terkait dengan kasus itu, keduanya kita pulangkan kembali, "ujar Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan melalui Kasat Resnarkoba, Iptu Desneri didampingi Kasubag Humas, Ipda Aiga Putra, Minggu (19/1).

Desneri juga menambahkan, kedua orang yang dipulangkan karena tidak terkait dengan kasus itu, salah satunya adalah teman perempuan tersangka SA. Penggeledahan di rumah tersangka, juga disaksikan aparat pemuda setempat.

Hanya berselang beberapa jam usai membekuk kakak adik yang terlibat narkoba itu Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Payakumbuh kembali berhasil menangkap seorang pria yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu, di Kelurahan Padang Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (18/1).

Diketahui, pria berinisial MA (19) ini ditangkap setelah adanya penyamaran polisi dengan memesan narkoba jenis sabu kepada pelaku. Ia diamankan sekira pukul 04.00 Wib dini hari.

“Benar, tersangka ditangkap sewaktu akan bertransaksi dengan pihak kepolisian yang menyamar sebagai pembeli,” tambahnya.

Pada saat penangkapan, ditemukan barang bukti, 1 (satu) paket narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan plastik bening. 1 (satu) unit timbangan digital warna hitam merk uniweight, 1 (satu) kotak rokok merk gudang garam surya serta 5 (lima ) lembar plastik bening pembungkus sabu.

Saat penangkapan yang disaksikan ketua pemuda dan perangkat kelurahan ditemukan pada tersangka satu paket narkotika jenis sabu-sabu yg dibungkus dengan plastik bening, timbangan digital dan kotak rokok merk gudang garam surya serta lima lembar plastik bening, jelas Desneri.

Saat ini, pelaku berserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Payakumbuh, kawasan Labuah Basilang, Kecamatan Payakumbuh Barat, guna pengusutan lebih lanjut. (rdo)

TerPopuler