Rumah Zakat Action Bantu Bersihkan Rumah Warga Pasca Banjir Malalo

Rumah Zakat Action Bantu Bersihkan Rumah Warga Pasca Banjir Malalo

Minggu, 19 Januari 2020, 21:39
Tim relawan rumah zakat action membersihkan lumpur di rumah warga. (foto ist)

Tanah Datar, Rakyatterkini - Hujan deras berkepanjangan dari malam hingga pagi mengakibatkan longsor dan banjir bandang serta beberapa kendaraan hanyut di pemukiman warga Tanjuang Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo, Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada Jumat (17/1).

Melihat kondisi ini, Rumah Zakat Action menerjunkan 3 Relawan untuk membantu warga yang terkena dampak banjir ini. Oma Abdallah, koordinator Lapangan Rumah Zakat Action mengatakan banjir ini mengakibatkan 12 KK terdampak, 1 orang luka ringan, 10 Rumah rusak berat, termasuk rumah jorong, kantor PDAM lama dan musalla dan bengkel, 1 mobil dan 4 sepeda motor hanyut terbawa arus.

"Relawan Rumah Zakat Action menyalurkan oornet superqurban kepada korban. Selain itu kita lakukan assasment dan berkoordinasi dengan pihak terkait," ujar Toma.

Hingga Minggu (19/1) siang, relawan bersama BPBD Tanah datar, kepolisian masih membantu membersihkan sisa lumpur di rumah warga.

"Kita bersama tim gabungan yang terdiri dari polisi, BPBD Tanah Datar, insan Kebencanaan dan masyarakat untuk melakukan aksi bersih-bersih di lokasi terdampak, "kata Toma.

Pada apel pagi tersebut BPBD Tanah Datar menetapkan masa tanggap darurat bencana ini selama satu minggu terhitung sejak 17 Januari 2020 s/d 24 Januari 2020. (rel)

TerPopuler