Resmikan Cafe Organik, Riza Harap Masyarakat Bebas dari Penyakit Berbahaya

Resmikan Cafe Organik, Riza Harap Masyarakat Bebas dari Penyakit Berbahaya

Selasa, 28 Januari 2020, 09:26
Walikota Payakumbuh, Riza Falepi mencicipi makanan. (foto ist)

Payakumbuh, Rakyatterkini - Walikota Riza Falepi bersama Forkopimda meresmikan grand opening Cafe Organik di Simpang 4 Payolansek.

Riza Falepi mengatakan keberadaan kafe organik ini hebat, dimana secara langsung menunjukkan kesadaran untuk memakan makanan sehat seperti yang diterapkan masyarakat di negara maju.

"Selamat atas hadirnya cafe makanan ini di sini, semoga kita lebih sadar kesehatan, kita melihat harganya lumayan terjangkau dan ini menjadi apresiasi kita sebagai kota kuliner," ujar Riza, Senin (27/1) kemaren.

Cara atur makan tidak berlebihan dan tentunya makanan organik, artinya menjamin masuk-masuknya zat yang tidak merusak karena bahan kimia, dan bisa diterima tubuh, apalagi dibarengi olahraga, sudah bisa kita menikmati indahnya hidup sehat,  kata Riza. 

Di hadapan tamu undangan yang hadir, Riza menyebut belakangan penyakit ada yang disebabkan oleh makanan, dan orang-orang melakukan diet khusus uang menghindari makanan tertentu, bahkan ada diet ekstrim.

"Diet ini disebabkan karena targetnya menghindari penyakit yang disebabkan makanan, meskipun diet tidak langsung berpengaruh, namun lebih baik bila kita makan sesuai dengan pola hidup sehat," kata Riza.

Permasalahan kesehatan yang disebabkan oleh makanan, papar Riza, bagaimana pemerintah nantinya kewalahan dalam mengobati masyarakat, jenis penyakit sudah beralih dari penyakit ringan kepada penyakit elit seperti sakit jantung, kolesterol, stroke, ginjal, dan penyakit lainnya. 

"Apalagi mengobati orang itu mahal, akhirnya BPJS jebol, karena penyakit juga, dan warga kita kadang tidak mau membayar iuran BPJSnya, akhirnya menunggak dan tidak dapat layanan kesehatan, banyak kerugiannya," kata Riza 

Pemko Payakumbuh juga selalu mengawasi makanan bersama BPOM, Riza sudah meminta BPOM untuk berkantor di Payakumbuh untuk bisa membuat seluruh komponen mawas terhadap masalah makanan. 

Nandi Masykur selaku owner dari Cafe Organik menyebut usahanya ini menyediakan makanan yang sehat tanpa bahan kimia, saat ini kesulitan yang dihadapinya adalah dalam menyediakan bahan baku organik dimana masih sedikit di Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

"Makanan di Cafe Organik ini berasal dari tanaman organik dan hewan segar seperti ikan yanh bisa dikonsumsi masyarakat kita tanpa takut kontaminasi zat kimia berbahaya," kata Nandi Masykur. 

Sementara itu, Ketua DPRD Hamdi Agus dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran Cafe Organik, menurutnya usaha ini sudah menyumbangkan produk yang lain dari pada yang lain dengan mengusung tema kesehatan.

"Kesehatan berpengaruh kepada lingkungan, mudah-mudahan usahanya lancar dan dapat keberkahan," kata Hamdi Agus. (rdo)

TerPopuler