Proyek Jalan Tol, Ahli Waris Alm. Maluin Mail Belum Terima Ganti Rugi Rp2,5 Miliar -->

Proyek Jalan Tol, Ahli Waris Alm. Maluin Mail Belum Terima Ganti Rugi Rp2,5 Miliar

Rabu, 22 Januari 2020, 15:49
Wiwid Tuhu, kuasa hukum bersama ahli waris alm. Maluin Mail. (foto nino)

Kab.Malang, Rakyatterkini.com - Ahli waris alm. Maluin Mail, hingga saat ini belum menerima uang ganti rugi tanah sebesar Rp2,5 miliar yang digunakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk proyek jalan tol Malang-Pandaan (Mapan).

“Kami berharap agar permasalahan ini secepatnya terselesaikan, pasalnya sudah terlalu lama kami terzholimi. Hak kami yang sudah berkekuatan hukum tetap, sampai saat ini belum menerima,” kata perwakilan ahli waris, di kediamannya, Selasa (21/1/2020).

Hal ini dibenarkan kuasa hukum ahli waris, Wiwid Tuhu. Saat ini objek tanah yang berada di Desa Dengkol Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang tersebut digunakan untuk jalan tol Mapan dan telah didaftarkan konsinyasinya oleh Kementerian PUPR.

Menurut dia, secara aturan perundangan dana konsinyasi seharusnya sudah terealisasi tapi sampai saat ini tak kunjung juga sampai ke para ahli waris. "Saya sudah mengirimkan surat ke Pengadilan Negeri Kepanjen berulang kali tapi sampai saat ini belum ada jawaban yang pasti terkait dana konsinyasi tersebut," jelasnya.

Ketua Pengadilan Negeri Kepanjen, Sudar mengatakan pihaknya tidak dapat mencairkan dana konsinyasi tersebut lantaran seluruh berkas telah diserahkan ke Mahkamah Agung. Dan eksekusi untuk mencairkan uang konsinyasi tidak bisa dilakukan, karena berkas di sini sudah tidak ada, sudah dikirimkan ke Mahkamah Agung guna upaya hukum Peninjauan Kembali (PK)” terangnya.

Sebelumnya, berdasarkan hasil putusan Pengadilan Negeri Kepanjen Malang No.79/Pdt.G/2016/PN.Kpn, Jo Putusan Pengadilan Tinggi Jawa Timur No.330/PDT/2017/PT.SBY, Jo Putusan Mahkamah Agung RI No.2/Pdt.P.Cons/2018/PN.Kpn, tentang sengketa perebutan hak atas tanah telah dimenangkan ahli waris Alm. Maluin Mail.

Wiwid Tuhu selaku kuasa hukum dari ahli waris Alm. Maluin Mail berpendapat proses hukum yang selama ini sudah ditangani oleh pihak Pengadilan Negeri Kepanjen Kabupaten Malang diduga ada kejanggalan.

"Saya berharap dalam penyelesaian perkara ini agar segera diselesaikan demi menghormati hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia". (nn)

TerPopuler