Polda Sumbar Bersama Forkopimda Tanam 1.000 Pohon

Polda Sumbar Bersama Forkopimda Tanam 1.000 Pohon

Jumat, 10 Januari 2020, 15:52
Kapolda Sumbar, Irjen Toni Harmanto menanam pohon di Markas Brimob Padang Sarai. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Polda Sumatera Barat se-jajaran bersama Forkopimda menanam 1.000 pohon di kawasan markas kepolisian, asrama dan lingkungan sekitar. Di Padang, penanaman pohon itu dipusatkan di Markas Brimob, Padang Sarai, Jumat (10/1/2020).

Penananam pohon itu untuk mengantisipasi banjir dan penghijauan lingkungan dan dilakukan serentak seluruh jajaran dan Indonesia, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol. Toni Harmanto menyebutkan penanaman pohon itu merupakan bagian dari program 'Polri Peduli Penghijauan' yang diinisiasi Kapolri Jenderal Idham Azis.

Semakin banyak tanam pohon, bisa serap air. Pohon itu bisa serap polusi udara. Polusi udara bisa menyebabkan penyakit, tapi dengan banyaknya pohon, bisa membantu. Co2 (karbon dioksida) bisa diserap pohon ini. Itu tujuan Polri bersama Forkopimda melakukan penghijauan.

Acara penanaman pohon itu juga diikuti, Danlanud diwakili Kadisjas, Danlantamal II, Ka BNNP, Kadis Kehutanan, Sekda Sumbar, Ketua Pengadilan Tinggi, Kasrem 032/Wbr dan undangan lainnya.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu mengatakan pohon yang ditanam jenisnya berbeda-beda dan pohon buah yang jika berbuah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Penanaman 1.000 pohon itu sebagai bentuk kepedulian polisi terhadap penghijaun dan lingkungan. Penanaman pohon tersebut untuk memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia. Kegiatan ini mendukung program pemerintah dalam menumbuhkembangkan budaya cinta lingkungan.

Jenis- jenis pohon yang ditanam adalah pohon-pohon yang menggandung oksigen tinggi, kemudian memiliki batang yang kuat, berbuah serta bermanfaat untuk anak-anak cucu nanti.

"Penanaman pohon itu bersinergi dengan Forkompinda, seperti TNI, Pemda, Dinas Kehutanan serta lembaga lainnya yang peduli lingkungan dan masyarakat, "ujar Satake.

Dikatakan, lokasi yang dijadikan untuk menanam pohon, yakni Markas Komando (Mako) Polri, Asrama Polri, lahan Polri dan lokasi lainnya yang masih gersang.

"Sekarang kita tanam di Mako Brimob, selain itu penanaman pohon juga dilaksanakan di Polres- polres. Ini sesuai perintah Kapolri untuk penghijaun penanaman pohon utama di komplek Polri," ungkap Satake.

Setelah menanam pohon-pohon tersebut, selanjutnya dilakukan perawatan terhadap pohon, dengan menyiram dan memberi pupuk setiap hari. Selain untuk penghijauan, penanaman pohon ini juga membuat lingkungan jadi asri.

Giat ini bukan hanya penanaman pohon semata, kemudian dibiarkan mati, akan tetapi pohon yang telah ditanam perlu pengawasan, pengendalian, serta pemeliharaan sampai tumbuh hijau dan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan hidup.

Mudah-mudahan bermanfaat karena pohon yang ditanam adalah jenis buah buahan yang nantinya apabila berbuah bisa dirasakan manfaatnya oleh penghuni markas maupun masyarakat.

"Mari sama-sama kita galakkan menanam pohon. Cukup minimal 1 pohon yang bermanfaat ditanam di pekarangan rumah manfaat besar bisa kita rasakan, "ujar Satake.

Selain penghijauan sebagai pelindung, juga sangat besar manfaatnya sebagai penyerapan air, sehingga bisa menjadi salah satu antisipasi penanggulangan banjir dan udara segar yang dapat kita hirup setiap harinya.

Pohon yang tersedia untuk ditanam sebanyak 38.000 bibit pohon, dan hingga hari ini sudah tertanam sebanyak 20.044 batang bibit pohon. (gp)

TerPopuler