Personel KP Puyuh-5014 Tanam Rumah Ikan di Laut Mentawai -->

Personel KP Puyuh-5014 Tanam Rumah Ikan di Laut Mentawai

Jumat, 31 Januari 2020, 18:17
Personel KP Puyuh-5014 di pantai Mentawai. (foto jaibi)

Mentawai, Rakyatterkini - Bagian dari patroli rutin di perairan Mentawai-Sumbar-Sumut, Kapal Patroli (KP) Puyuh - 5014 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, bersama masyarakat Mentawai melaksanakan penanaman rumah ikan atau "rumpon" di dua titik.

Kegiatan itu digelar di Pantai Jati Km 0 Tuapejat, Kamis (30/1/2020).

Komandan KP Puyuh-5014, AKP FAP Silalahi mengaku sangat kagum melihat laut Mentawai yang begitu banyak ikan di dalamnya.

"Banyak potensi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, "ujar FAP Silalahi, di Pantai Jati Tuapejat.

Dikatakan, ini merupakan kegiatan tugas awal di perairan Mentawai. KP Puyuh-5014 sudah bersandar beberapa hari di Dermaga Tuapejat dan Jumat (31/1/2020), akan bertolak ke perairan Padang untuk kegiatan selanjutnya.

"Sebagai Polisi Air Harkamtibmas, kami harus senantiasa menjamin keamanan daerah sekitar lautan Indonesia dan menjaga alam laut tetap lestari," ujarnya.

Terkait penanaman rumpon di dasar laut Mentawai itu, dijelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk penglestarian potensi ikan mengingat rumpon merupakan tempat berkumpulnya berbagai ikan.

"Di sarang itulah ikan akan berkumpul dan berkembang, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan lokasi tersebut untuk mencari ikan," terangnya. (jaibi)

TerPopuler