Pengurus Surau Sydney, Australia dan Tokoh Minang Bertemu dengan Sandiaga Uno

Pengurus Surau Sydney, Australia dan Tokoh Minang Bertemu dengan Sandiaga Uno

Selasa, 21 Januari 2020, 22:38
Pengurus Surau Sydney, Australia bersama Gubernur Irwan Prayitno bertemu dengan Sandiaga Uno. (foto ist)

Jakarta, Rakyatterkini - Pengurus Surau Sydney Australia, bagian dari Keluarga Besar Minang Saiyo Sydney Australia, Nirwan Kamaluddin menemui Sandiaga Uno. Pertemuan berlangsung di gedung Recapital Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Selasa (21/1/2020).

Hadir dalam audiensi tersebut, dalam rangka mengantarkan undangan kepada Sandiaga Uno untuk menghadiri acara fund raising pendirian Surau Sydney Australia (SSA), antara lain Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, anggota DPR Nevi Zuarina Irwan Prayitno, Mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, Ketua Yayasan Universitas Yarsi, Jurnalis Udin.

Wartawan Senior Hasril Chaniago, Direktur Eksekutif MDN-G (Minang Diaspora Network Global) Burmalis Ilyas, dosen FE Unand dan alumni Australia, Henmaidi Alfian, ustad Boby dari ACT (Aksi Cepat Tanggap), Ustad Agus Yunanto yang sering mengisi ceramah agama untuk Masyarakat Minang Saiyo Sydney Australia dan tokoh-tokoh minang lainnya.

Menurut Nirwan Kamaruddin, rencana pembelian gedung untuk dijadikan surau/masjid sudah dirancang sejak lama dan dana sudah terkumpul sekitar 500 ribu Dolar Australia atau Rp5 Miliar.

Selain sebagai sarana ibadah, rencana Surau Sydney Australia juga dijadikan sebagai sarana untuk melestarikan adat, budaya, Bahasa Minang di kalangan generasi muda Minang Saiyo Sydeny Australia.

Dikatakan, fundraising Insya Allah akan diadakan tahun ini di Sydney Australia dengan mengundang tokoh-tokoh minang dan Indonesia dan semua masyarakat Minang, Indonesia dan Muslim di seluruh pelosok dunia.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat mendukung program Surau Sydney Australia ini. Hal yang sama juga diungkapkan Jurnalis Uddin, Ketua Yayasan YARSI yang juga Pembina MDN-G dan Fasli Jalal Mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional.

Fasli Jalal pernah mengutarakan ide Fundraising ini dalam pertemuan dengan Ketua SSA (Surau Sydney Australia) Novri Latief di Sekretariat Yayasan Diaspora Minang Tahun lalu dan Alhamdulillah sudah banyak yang ikut sebagai donatur Surau ini.

Burmalis Ilyas, Direktur Eksekutif MDN-G mengatakan akan berusaha untuk mempromosikan dan mengajak seluruh masyarakat Minang, masyarakat Indonesia dan muslim di seluruh dunia untuk mendukung terwujudnya Surau Sydney Australia ini.

Menurut Burmalis Ilyas selain Surau Sydney Australia saat ini ada juga usaha dari masyarakat Minang Melbourne untuk membangun surau/masjid di Melbourne Australia. Dalam pelaksanaan pertemuan Minang se-dunia, pertama kali di Melbourne pada 28 September 2018 lalu sudah mulai dikumpulkan dana untuk Surau Melbourne Australia dan akan terus diperjuangkan bersama-sama dengan Surau Sydney Australia.

Sandiaga Uno dalam sambutannya sangat mendukung ide pembelian gedung untuk dijadikan surau/masjid ini dan Insya Allah akan berusaha untuk hadir dalam acara fundraising yang akan diadakan tahun ini di Sydney.

Sandiaga Uno sangat kagum dengan semangat juang masyarakat Minang yang ada di Sydney dalam memperjuangan surau/masjid ini dan Insya Allah akan mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan Muslim untuk mendukung program mulia ini.

Ustaz Bobby Herwibowo Lc dari ACT dalam sambutannya sangat mendukung program ini dan akan dijadikan salah satu program ACT (Aksi Cepat Tanggap) agar program mulia ini segera terealisasi. (gus)

TerPopuler