Penemuan Bom Gegerkan Warga Solok -->

Penemuan Bom Gegerkan Warga Solok

Minggu, 26 Januari 2020, 23:04
Petugas memasang garis polisi di lokasi penemuan bom. (foto ist)

Solok, Rakyatterkini - Penemuan benda diduga mirip bahan peledak sisa perang gegerkan masyarakat di Jorong Tiagan, Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, pada Sabtu (25/1).

Benda yang diduga bahan peledak itu pertama kali ditemukan oleh Sopiet (36) disaat yang bersangkutan sedang duduk di rumah melihat adanya asap yang keluar dari tanah dan percikan api dengan nyala berwarna biru.

Kabid Hubungan Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

"Benar ada penemuan benda diduga peledak bekas peperangan dahulu, saat ini tim penjinak bom (jibom) Gegana Satbrimob Polda Sumbar menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP)," kata Satake Bayu, Minggu (26/1).

Sebutnya, lokasi penemuan benda tersebut berada di belakang rumah dengan jarak terdekat lebih kurang lima meter dan terdapat tiga unit rumah di sekitarnya.

"Saksi sempat melihat percikan asap itu selama 15 menit sebelum melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian," katanya.

Satake Bayu menuturkan benda diduga bahan peledak sisa peperangan tersebut sempat diamankan oleh petugas dari Polsek Payung Sekaki sebanyak tiga unit dengan panjang 11 sentimeter dan diameter lima sentimeter.

"Benda yang diduga bahan peledak tersebut merupakan bom asap yang mengandung fosfor, karena mengeluarkan asap putih serta bereaksi terhadap air hujan," katanya.

Benda yang diduga bahan peledak atau jenis bom asap tersebut, sambungnya masih banyak tersimpan di sekitar lokasi.

"Akan dilakukan disposal, kemungkinan besar dibawa ke Satbrimob Polda Sumbar," katanya. (mdl)

TerPopuler