Menuju Satu Data, Pemko adakan FGD Payakumbuh Dalam Angka

Menuju Satu Data, Pemko adakan FGD Payakumbuh Dalam Angka

Kamis, 30 Januari 2020, 21:30
Pemko Payakumbuh adakan FGD. (foto ist)

Payakumbuh, Rakyatterkini - Dukungan Pemerintah Kota dalam penyusunan dan publikasi kota Payakumbuh Dalam Angka (PDA) tahun 2020 sangat tinggi.

Ini terbukti dengan digelarnya Focus Grup Discusion (FGD) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Badan Pusat Statistik (BPS) di Aula Ngalau Indah lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Kamis (30/1).

FGD penyusunan publikasi PDA 2020 yang bertujuan untuk menggali sumber data dari semua perangkat daerah dan Instansi vertikal lainnya, guna dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan pembangunan, sekaligus sebagai evaluasi pengumpulan data publikasi yang disusun nanti lebih sempurna dan meningkat kualitasnya.

Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten I, Yoherman, dalam sambutannya mengatakan yang perlu sangat diperhatikan adalah dari sisi persiapan, perencanaan, dan data yang real. Dengan tema "Payakumbuh cerdas menuju satu data Indonesia" diharapkan data yang terkumpul nantinya benar-benar real.

Tanpa data yang akurat serta perencanaan matang, apa yang dilakukan pasti sia-sia. Perencanaan yang baik tentu didukung oleh data dan informasi yang valid dan akurat. Semakin baik perencanaan semakin baik pula hasil kegiatan yang dicapai.

Kemudian, Yoherman, menginformasikan dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Kegiatan SP 2020 berlangsung dalam dua tahapan. Tahapan pertama yaitu sensus penduduk online yang dimulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020, dan tahapan selanjutnya sensus penduduk wawancara pada bulan Juli 2020 mendatang.

“Wawancara akan dilakukan oleh petugas sensus kepada penduduk yang belum berpartisipasi pada sensus penduduk online,” ungkap Asisten I, Yoherman.

Kepala BPS Kota Payakumbuh, Yon Andrian mengatakan FGD sangat penting diselenggarakan karena merupakan muara dari seluruh aktifitas yang dilaksanakan baik melalui kegiatan sensus, survei maupun kompilasi produk administrasi dengan harapan tersajinya data statistik yang lebih akurat dan tepat waktu.

Turut hadir dalam FGD tersebut, Sekretaris Dinas Kominfo A.Arifianto, Kabid Humas Kominfo Hermanto, Ka Lapas Kelas IIB Payakumbuh M.Kameil, Kepala OPD se kota Payakumbuh, Ketua Ormas se kota Payakumbuh dan tokoh masyarakat kota Payakumbuh. (rdo/rel)

TerPopuler