Medan Juara Umum Kejurda Inkai Sumut

Medan Juara Umum Kejurda Inkai Sumut

Minggu, 12 Januari 2020, 22:36
Karateka Inkai Medan bersama Manajer Tim dan pelatih, usai menerima piala juara umun. (foto bejo)


Medan, Ratyatterkini - Tim Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) cabang Medan tampil sebagai juara umum kejuaraan daerah (Kejurda) Inkai Sumut, yang berakhir Sabtu (11/1) malam, di Gelanggang Remaja Medan.
Para karateka Inkai Medan tampil sebagai juara umum setelah meraih 11 medali emas, 8 perak dan 5 perunggu. Posisi kedua ditempati tim cabang istimewa Belawan dengan raihan 4 emas, 3 perak dan 14 perunggu, kemudian disusul Binjai di tempat ketiga setelah mengumpulkan 4 emas, 3 perak dan 8 perunggu.

Posisi keempat diisi oleh Tebing Tinggi setelah mengoleksi 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu. Kabupaten Langkat berada di peringkat kelima dengan mengumpulkan 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu, diikuti Kabupaten Deliserdang di urutan keenam dengan 1 emas dan 6 perunggu.

Sedang Padangsidempuan yang meraih 4 perak dan 3 perunggu berada di posisi ketujuh, kemudian Dojo Affiliasi Pangkalan Brandan berada di peringkat kedelapan dengan perolehan 1 perak dan 1 perunggu, serta Dojo Affiliasi Panca Budi Medan di posisi kesembilan setelah mengoleksi 3 perunggu.

Sementara Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Labuhan  Batu sama-sama meraih 1 perak, serta Sibolga belum berhasil meraih medali.

Ketua Umum Pengcab Inkai Medan Boni Sianipar, mengucapkan terima kasih kepada seluruh karateka yang telah berhasil mempersembahkan prestasi terbaik bagi daerahnya dengan meraih gelar juara umum Kejurda Inkai Sumut.

"Terima kasih kepada manajer tim, pelatih dan karateka yang telah mampu mengharumkan nama Inkai Medan di tingkat Sumatera Utara (Sumut). Namun, keberhasilan ini jangan membuat kalian terlena dan teruslah berlatih dengan keras, karena di depan masih banyak kejuaraan yang levelnya lebih tinggi lagi," ujarnya.

Didampingi Ketua Harian Inkai Medan Kamarulzaman SH, Manajer Tim Ardianoto Tarigan dan Pelatih Erwin Kamarullah Siregar, Boni Sianipar mengatakan, seluruh karateka diharapkan tetap menjaga disiplin serta kekompakan, baik dalam berlatih maupun pada setiap mengikuti event.

"Yang paling penting lagi, karateka harus tetap mengikuti instruksi dari pelatih serta menjaga kesehatan. Dan kepada yang berhasil menjadi juara jangan dulu berpuas diri dan yang gagal jangan merasa putus asa, semuanya harus tetap berlatih dengan keras," harapnya.

Sementara Ketua Harian Pengprov Inkai Sumut, Sanggam Hutagalung mengatakan, Kejurda untuk mencari bibit-bibit karate Inkai Sumut yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, untuk menggantikan para senior yang prestasinya telah meredup.

Untuk itu, Sanggam Hutagalung mengharapkan kepada seluruh karateka harus menanamkan tekad dalam dirinya bahwa Inkai Perguruan ku, Prestasi Persembahan ku, sehingga nantinya menjadi karateka yang militan untuk tetap berjuang keras demi kejayaan Inkai Sumut.

"Faktor usia sangat mempengaruhi diri kita, sehingga nantinya para karateka senior secara alami prestasinya akan menurun, kemudian kalianlah yang sekarang masih junior akan menggantikan mereka," harapnya.

Sementara Ketua Panpel Kejurda Arfi Andika mengatakan,event ini selain menjadi ajang kompetisi sekaligus sarana mempererat tali silaturahmi antara pengurus, pelatih dan karateka Inkai se-Sumut.

Selain itu, kata Arfi Andika, ajang ini juga sebagai penjaringan awal bagi karateka untuk pembentukan tim Sumut menghadapi Kejurnas Inkai, 21 hingga 23 Februari 2020 di Cibubur, Jawa Barat (Jabar).

Dikatakan, Kejurda mempertandingkan 43 kelas dan diikuti 285 karateka berasal dari 17 Pengcab ditambah dua affiliasi dan satu Dojo Intimewa Inkai di Sumut. (bejo)

TerPopuler