Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor Terima Bantuan Pangan

Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor Terima Bantuan Pangan

Selasa, 07 Januari 2020, 16:15
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi foto bersama warga terdampak banjir setelah menyerahkan bantuan. (foto ridho)

Limapuluh Kota, Rakyatterkini - Pasca bencana banjir dan longsor di Kabupaten Limapuluh Kota berapa waktu lalu, Pemkab melalui Dinas Pangan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Bantuan ini diserahkan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi secara simbolis di pendopo rumah dinas bupati, Selasa (7/1). Tampak hadir, Kepala Dinas Pangan Gusdian Laora, serta berapa kepala OPD lainnya.

Kepala Dinas Pangan Limapuluh Kota, Gusdian Laora melaporkan, bantuan pangan ini diserahkan kepada 5.410 jiwa dari 1.462 kepala keluarga yang terdampak bencana banjir dan longsor di 16 nagari dari 5 Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota. Adapun 5 Kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Harau, Akabiluru, Lareh Sago Halaban, Kapur IX, dan Suliki.

"Bantuan pangan ini berasal dari simpanan cadangan pangan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten Limapuluh Kota yang tersimpan di Bulog dengan total bantuan sebanyak 23,829 ton beras,"sebutnya.

Rata-rata masyarakat terdampak banjir memperoleh beras sebanyak 4,1 kg/orang. Usai penyerahan secara simbolis tersebut rencananya langsung ditrisbusikan kepada masyarakat terdampak.

"Nantinya kita langsung berkomunikasi dengan camat dan walinagari untuk pembagian bantuan pangan ini, sehingga bantuan ini dapat segera disalurkan kepada masyarakat kita yang terdampak bencana," sambungnya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan ini hendaknya dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Limapuluh Kota. Sehingga kebutuhan pangan masyarakat pasca bencana dapat terus terpenuhi.

Senada, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyebutkan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang terkena musibah.

"Dalam kondisi seperti ini, pemerintah harus hadir untuk memenuhi tanggung jawab terhadap masyarakat yang kemarin baru saja mendapat musibah banjir dan tanah longsor. Semoga bantuan ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,"sebutnya.

Kesempatan itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepada para camat, walinagari beserta seluruh staf yang telah berjibaku ikut membantu dalan penangulangan bencana.

"Terimakasih atas bantuan rekan-rekan semuanya, yang ikhlas bekerja siang-malam demi membantu masyarakat  terdampak bencana. Ke depan, terus tingkatkan kewaspadaan terutama daerah yang rawan akan terjadi bencana. Kita sama-sama agar peristiwa ini tidak terjadi lagi di Limapuluh Kota," tutupnya. (rdo)

TerPopuler