Kapolda: Satpam Harus Punya Kemampuan Penanganan Gangguan Keamanan

Kapolda: Satpam Harus Punya Kemampuan Penanganan Gangguan Keamanan

Rabu, 22 Januari 2020, 13:01
Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Toni Harmanto serahkan piagam penghargaan pada satpam dalam HUT ke-39 Satpam, Rabu (22/1). (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Satpam merupakan mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas. Untuk itu, setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya.

Itu dikatakan Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Toni Harmanto, ketika menjadi Inspektur Upacara HUT Satpam ke-39 di halaman depan Mapolda Sumbar, Rabu (22/1).

Peringati HUT Satpam tersebut juga dihadiri, Kasrem 032/Wbr, perwakilan Danlantamal, Kasatpol Pamong Praja, para pimpinan dan pengelola badan usaha jasa pengamanan, pengurus asosiasi jasa pengamanan, PJU Polda Sumbar serta Forkopimda.

Dalam amanat Kapolri, Jenderal Idham Aziz, yang dibacakan Kapolda Irjen Toni Harmanto, disebutkan eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif.

Selain itu, Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan, tema yang diangkat dalam peringatan HUT ke-39 Satpam ini sangat tepat, yaitu ”Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”.

Tema tersebut juga selaras dengan kebijakan Presiden RI yaitu pembangunan SDM serta Program Prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan Harkamtibmas.

Kapolda menyampaikan imbauan kepada seluruh anggota Satpam untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagai berikut, jaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah SWT, Tuhan YME.

Tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi Satpam.

Tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas, terus tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

Tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran TNI-Polri, stakeholders lain dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. Gelorakan budaya penanaman pohon di lingkungan kerja dan sekitarnya guna mendukung program penghijauan dan pelestarian alam. (gp)

TerPopuler