Inilah Direksi dan Komisaris Baru Garuda Indonesia -->

Inilah Direksi dan Komisaris Baru Garuda Indonesia

Kamis, 23 Januari 2020, 09:22
Direksi dan Komisaris PT Garuda Indonesia Tbk. (foto tribunnews)

Jakarta, Rakyatterkini - Direksi dan komisaris PT Garuda Indonesia Tbk resmi dirombak setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) selesai digelar pada Rabu (22/1/2020).

Dari hasil RUPSLB tersebut, Irfan Setiaputra resmi ditunjuk menjadi Direktur Utama Garuda Indonesia, menggantikan Ari Askhara.

Ari Askhara resmi dipecat terkait kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton pada pertengahan November 2019.

Tak hanya Irfan Setiaputra, banyak nama baru mengisi jajaran direksi dan komisaris Garuda Indonesia.

Seperti Triawan Munaf dan Yenny Wahid yang masing-masing dipercaya menjabat Komisaris Utama dan Komisaris Independen.

Berikut susunan dewan komisaris dan direksi baru Garuda Indonesia, dikutip dari Kompas.com:

Komisaris Utama: Triawan Munaf
Wakil Komisaris Utama: Chairal Tanjung
Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan
Komisaris Independen: Yenny Wahid
Komisaris: Peter F Gontha

Direktur Utama: Irfan Setiaputra
Wakil Direktur Utama: Dony Oskaria
Direktur Operasi: Tumpal Manumpak Hutapea
Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi: Ade Susardi
Direktur Niaga dan Kargo: Rizal Pahlevi
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Fuad Rizal
Direktur SDM: Aryaperwira Adileksana

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pun mengungkapkan harapannya kepada jajaran direksi dan komisaris maskapai plat merah yang baru ini.

Dikutip dari Tribunnews, Erick berharap Irfan sebagai Dirut Garuda Indonesia yang baru, bisa membawa maskapai ini menjadi lebih baik ke depannya.

Tak hanya itu, Erick juga berharap Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanahnya secara baik.

“Saya harap Pak Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanah dengan baik, mengikuti prinsip Good Corporate Governance dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi,” kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Erick percaya Irfan adalah orang yang tepat untuk mengelola Garuda Indonesia.“Kami di Kementerian BUMN berupaya mencari figur terbaik yang akan duduk mengelola flight carrier kita, Garuda Indonesia,” imbuhnya.

Tak hanya kepada Irfan, Erick juga mengungkapkan harapannya kepada Yenny Wahid dan Triawan Munaf selaku jajaran komisaris.

Erick menilai Yenny Wahid merupakan sosok yang bisa dipercaya untuk menjadi Komisaris Indenden Garuda Indonesia.

“Khusus untuk Ibu Yenny Wahid, figur perempuan yang sangat mumpuni, Bu Yenny merupakan komisaris independen perwakilan publik yang dapat dipercaya,” katanya.

Kepada Triawan Munaf, Erick berharap mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini bisa memberi masukan strategi pemasaran dan meningkatkan citra Garuda yang sempat tercoreng.

“Pak Triawan Munaf dengan semua pengalaman beliau tentu akan mampu memberikan masukan strategi pemasaran dan meningkatkan citra Garuda yang sempat terganggu,” tutur Erick.

Triawan Munaf mengaku saat ini ada empat hal yang menjadi fokusnya sebagai Komisaris Utama Garuda.

Keempat hal itu adalah transparansi, good corporate governance, akhlak, dan moral.

“Nomor satu, transparansi, good corporate governance, serta mengenai akhlak dan juga meningkatkan moral. Semuanya itu paling penting,” jelas Triawan, Rabu.

Ia pun mengaku sudah memiliki cara untuk memperbaiki citra Garuda, yakni satu diantaranya adalah menunjukkan kinerja yang baik.

“Kalau kita secara mendasar bisa memenuhi pekerjaan kita dengan baik sesuai harapan atau melampaui ekspektasi tentunya citranya akan pulih kembali." (*)

TerPopuler