HUT ke-39 Satpam, Dirbinmas Polda: Satpam Sudah Profesional

HUT ke-39 Satpam, Dirbinmas Polda: Satpam Sudah Profesional

Rabu, 22 Januari 2020, 13:37
Direktur Binmas Polda Sumbar, Kombes Nasrun Fahmi menguji ketangkasan dan ketahanan perut satpam, dalam atrasi di halaman depan Mapolda, Rabu (22/1). (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Satpam adalah satuan pengamanan yang profesional. Mereka dibentuk berdasarkan Undang-undang, melaksanakan tugas dengan berpegang teguh kepada fungsi teknis kepolisian.

Direktur Binmas Polda Sumbar, Kombes Nasrun Fahmi mengatakan satpam yang melaksanakan tugas itu adalah satpam yang di bawah binaan Binmas dan diakui Polri.

"Saya mengingatkan untuk wilayah kita Sumbar masih ada kurang pemahaman oleh pengguna jasa Satpam. Mereka, apakah itu instansi pemerintah atau pun swasta membangun Satpam sendiri, tanpa di bawah BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan).

Jadi yang punya Satpam itu BUJP. Polri hanya pembinanya, termasuk dalam pelaksanaan tugas harus berhubungan dengan BUJP. "Itu yang harus kita pahami bersama sehingga harapan kita dengan momentum hari ulang tahun Satpam ke-39 ini, masyarakat semakin paham bahwa penggunaan jasa Satpam itu sudah profesional, "ujar Nasrun.

Sementara, Ketua DPD APSI Sumbar, Tafyani Kasim menuturkan seluruh komponen masyarakat menyadari pentingnya keamanan dan kenyamanan, maka industri sekuriti selalu tumbuh di Indonesia ini.

Di Sumatera Barat, Satpam sekitar 9.000 orang bekerja di perusahaan, instansi pemerintah dan swsata.

Dikatakan, Asosiasi Profesi Satpam Indonesia bekerja sama dengan Ditbinmas Polda Sumbar terus meningkatkan kompetensi Satpam mulai dari Garda Pertama, Madya dan Utama, sehingga kualitas dan menciptakan SDM yang unggul dibidang sekuriti.

Pelatihan, pendidikan tingkat dasar Satpam selama 323 jam. Satpam juga dibekali dengan sertifikat, yang dikelurkan oleh Polri. Di tingkat Polda adalah Dirbinmas.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat untuk mengikuti pelatihan dan meningkatkan kualitas Satpam semakin meningkat, "ujar Tafyani. (gp)

TerPopuler