Dinas Kesehatan Mentawai Imbau Warga Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Dinas Kesehatan Mentawai Imbau Warga Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Kamis, 30 Januari 2020, 22:12
Kadis Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar. (foto ist)

Mentawai, Rakyatterkini - Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Mentawai, mengimbau warga Kepulauan Mentawai untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, yang baru ditemukan Desember lalu di Wuhan, China.

“Untuk warga Kepulauan Mentawai, saya imbau agar waspada terhadap sebaran virus corona. Bagi warga yang mengalami keluhan seperti pernapasan, demam disertai pilek, segera melapor dan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar, Rabu (29/1/2020).

Lahmuddin juga meminta kepada warga Kepulauan Mentawai yang hendak bepergian ke luar daerah maupun ke luar negeri untuk mengurus izin terkait, yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri.

Ini demi kehati-hatian, karena wabah corona dapat menular dan belum ada vaksin yang dapat mencegah virus tersebut.

Dikatakan Lahmuddin, imbauan ini didasarkan pada Surat Edaran Direktur Pencegahan dan Pengendalihan Penyakit Menular nomor SR. 03.04/II/55/2020 tanggal 6 Januari 2020 Tentang Kesiapsiagaan dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Penyakit Pnemonia dari Negara Republik Rakyat Tiongkok ke indonesia.

Hingga kini belum ada laporan terkait virus corona yang masuk ke Indonesia termasuk wilayah Kepulauan Mentawai, namun warga diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dini penularan virus corona.

“Terkait corona, warga tidak perlu panik. Tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat, jaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, dan hindari berpergian ke kota yang ada wabah corona,” katanya. (jaibi)

TerPopuler