Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lakukan Sosialisasi Pengelolaan Arsip

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lakukan Sosialisasi Pengelolaan Arsip

Selasa, 21 Januari 2020, 15:48
Diskerpus Pesisir Selatan gelar sosialisasi percepatan pengelolaan arsip. (foto ist)

Painan, Rakyatterkini - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Pesisir Selatan, Sumatera Barat melakukan sosialisasi percepatan pengelolaan arsip, Selasa (21/1), di operation room kantor bupati setempat.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti kepala perangkat daerah dan sekretaris, tersebut dibuka secara resmi oleh bupati diwakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska.

Dalam sambutannya, Mawardi Roska, mengatakan arsip bukan hanya sekadar kumpulan kertas bekas,  akan tetapi, arsip adalah potret perjalanan sebuah bangsa.

Untuk itu, jangan sepelekan arsip, karena dia merupakan hal yang amat penting pada masa mendatang.

Melalui sosialisasi ini diharapkann semua pihak, termasuk masyarakat dapat memahami pentingnya pengelolaan dan penyimpanan arsip. "Persepsi masyarakat yang menganggap arsip  hanya kertas bekas, perlu diubah,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pengelolaan arsip merupakan bagian dari indikator reformasi birokrasi yang terus diperkuat Pemda Pessel.

Menurut UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, ada beberapa jenis arsip, yaitu;  Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun, sedangkan arsip statis adalah arsip yang dihasilkan pencipta arsip karena memiliki nilai sejarah dan perlu dilestarikan.

Pada kesempatan itu, Mawardi menjelaskan, proses dan tahapan pengelolaan dan penyimpanan arsip. Mulai dari pimilahan jenis serta penentuan pemusnahan arsip. Setiap tahapan akan dilakukan proses verifikasi dan validasi kearsipan. (*)

Kontributor: Roni Prima

TerPopuler