Desa Goisooinan, Sipora Utara Direndam Banjir

Desa Goisooinan, Sipora Utara Direndam Banjir

Kamis, 30 Januari 2020, 08:28
Rumah warga di Desa Goisooinan, Sipora Utara direndam banjir. (foto jaibi)

Mentawai, Rakyatterkini - Kawasan permukiman di Desa Goisooinan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, terendam banjir. Ini karena permukiman itu diguyur hujan, Rabu (29/1/2020) sekitar Pukul 09.30 WIB.

Banjir mulai menggenangi rumah-rumah warga di Dusun Kaliau, Desa Goisooinan, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Petugas puskesmas pembantu (Pustu), Tiwi mengatakan, sekitar 12 rumah warga terdampak banjir. Selain itu, satu Puskesmas Pembantu (Pustu) juga alami banjir.

Ketinggian air di pemukiman tersebut dari betis hingga paha dewasa kira-kira 50 centimeter. Tiwi menyebut, hujan yang terjadi, Selasa sore, mengakibatkan banjir menggenangi permukiman.

"Hujannya dan angin kencang dari malam, airnya datang tiba tiba," sebut Tiwi. Tiwi juga menyatakan, banjir seperti ini sudah sering terjadi. Biasanya, sifat banjir sementara.

Menurut dia, banjir terjadi akibat Sungai Dusun Kalio Desa Goisooinan meluap hingga airnya sampai ke permukiman.

Diketahui, sudah beberapa tahun sebagian tanggul sungai tidak bisa digunakan, sehingga air mudah masuk ke permukiman masyarakat.

"Harapannya supaya dibuatkan tanggul penahan air jika terjadi luapan air bisa menahan air agar tidak masuk kepemukiman warga," ujar Tiwi. (jaibi)

TerPopuler