Danramil 03 Sipora Hadiri Musrenbang Desa Beriulou -->

Danramil 03 Sipora Hadiri Musrenbang Desa Beriulou

Rabu, 29 Januari 2020, 08:09
Danramil 03 Sipora, Kapten Inf/ J Sihalolo hadiri Musrenbang Desa Beriulau. (foto ist)

Mentawai, Rakyatterkini - Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Desa Beriulou, Sipora Selatan, Kepalauan Mentawai  berlangsung lancar dan sukses. Kegiatan perencanaan pembangunan itu dihadiri Danramil 03 Sipora, Kapten Inf. J. Sihalolo  bersama dua Babinsa, camat, Wakapolsek, tokoh agama, Selasa (28/1/2020).

Selain itu juga hadir, tokoh masyarakat, agama, kepala dusun, PKK, BPD, karang taruna dan pemuda, dengan jumlah peserta sekitar 50 orang.

Dalam musyawarah itu membahas pembangunan insfrastruktur desa, prioritas target sasaran pembangunan desa tahun anggaran 2021, meliputi rencana program pembangunan ekonomi masyarakat di bidang mobilisasi trasfortasi jalan, ekonomi desa, pertanian, kesehatan dan pendidikan

Danramil J. Sihalolo, dalam sambutannya pembangunan insfrastruktur jalan desa dan jalan pertanian sangat penting untuk membuka akses perekonomian antar dusun dan antar desa. Ini juga sebagai aktivitas mobilisasi masyarakat desa dengann desa lain, mengingat jauhnya jarak dari Desa Beriulou ke pasar Desa Sioban.

Selain jarak tempuh, kondisi jalan juga rusak parah rusak terutama di Logpon Dusun Sagitsi yang menghubungkan Dusun Matogut dengan Dusun Sagitsi.

Dikatakan, antara Desa Beriulou dengan jalan lintas ke Bosua sudah ada perubahan. Begitu pula jalan ke Desa Betumonga sudah hampir tuntas pembangunannya. Hanya yang tinggal jembatan muara penghubung Desa Betumonga.

Selain itu, dua unit bangunan kantor yaitu kantor Koramil 03 dengan satu unit mess Koramil telah berhasil direhab oleh Danramil 03 pada 2018. Begitu juga rumah warga miskin di Sioban (21 unit) juga telah dibuatkab jamban dan kakus.

Kemudian pada 2019, Danramil telah merehab dua unit rumah miskin di Desa Sioban dan Desa Mara, Sipora Selatan. "Semuanya berkat bantuan kades dan terobosan itu merupakan contoh bagi kita untuk membantu rakyat miskin, "ujar Sihalolo.

Danramil berharap dengan adanya terobosan itu agar lebih peduli kepada masyarakat miskin dan menggalakkan sistem gotong royong di dusun dan desa. (jaibi/nto)



TerPopuler