Calon Independen Wajib Serahkan Surat Pernyataan Dukungan

Calon Independen Wajib Serahkan Surat Pernyataan Dukungan

Selasa, 07 Januari 2020, 19:39
Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon. (foto ridho)

Limapuluh Kota, Rakyatterkini - Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon mengingatkan bakal calon perseorangan agar melengkapi semua berkas yang telah ditentukan saat penyerahan pada 19 sampai 23 Februari mendatang.

Selain itu, ia juga meminta agar calon persorangan untuk tidak meminta dukungan kepada beberapa pihak yang tidak diperbolehkan yang nantinya bisa berakibat batalnya dukungan tersebut.

Beberapa pihak yang tidak boleh memberikan dukungan kepada calon perseorangan itu, diantarannya TNI, Polri, PNS dan perangkat desa/nagari.

"Kita terus ingatkan pasangan calon perseorang agar tidak meminta dukungan kepada pihak-pihak yang tidak diperbolehkan, sebab dukungan tersebut akan dicoret. Diantarannya kepada TNI, Polri, PNS/ASN dan perangkat nagari/desa, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2017,” ujarnya, Selasa (7/1).

Menurutnya, dalam penyerahan dukungan nanti, calon perseorangan juga harus menyerahkan Surat Pernyataan Dukungan (B1 KWK) yakni satu pendukung satu surat pernyataan dukungan, fotocopy KTP serta ditandatangani oleh pendukung calon, Surat Pernyataan Pasangan Calon Perseorangan yang memuat table nama pendukung serta Rekapitulasi jumlah dukungan. 

"Penyerahan paling sedikit 22.539 dukungan pemilih, yang tersebar minimal di 7 Kecamatan. Dan jangan sampai menyerahkan dukungan ganda,"ucapnya.

Ia menjelaskan, waktu  penyerahan dukungan nanti, akan dibagi dua, untuk tanggal 1- sampai 22 Februari mulai jam 8.00 Wib sampai jam 16.00 Wib, sementara pada hari terakhir waktu penyerahan berkas dukungan hingga pukul 24.00 Wib. (rdo)

TerPopuler