350 Karateka Siap Ikut Kejurda Inkai Sumut

350 Karateka Siap Ikut Kejurda Inkai Sumut

Sabtu, 11 Januari 2020, 05:46
Atlet tampilkan teknik bertarung. (net)

Medan, Rakyatterkini - Sebanyak 350 karateka putra-putri akan bersaing memperebutkan gelar juara pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang digelar Pengurus Provinsi (Pengprov) Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (11/1) ini di Gelanggang Remaja Medan.

Kejurda yang akan berlangsung sehari penuh ini mempertandingkan kelas khusus usia dini, pra pemula, pemula, kadet dan junior. Para karateka ini berasal dari 17 Pengcab ditambah satu affiliasi Inkai di Sumut.

"Kejurda ini merupakan penjaringan awal bagi karateka untuk pembentukan tim Sumut menghadapi Kejurnas Inkai, 21 hingga 23 Februari 2020 di Cibubur, Jawa Barat (Jabar), kata Ketua Penitia Pelaksana (Panpel) Kejurda Arfi Andika.

Arfi Andika mengatakan, ke-350 karate sudah benar-benar mempersiapkan diri di daerahnya masing-masing agar bisa menjadi yang terbaik di Kejurda sekaligus terpilih mewakili Sumut pada Kejurnas Inkai mendatang.

"Kejurda ini baru penjaringan awal, setelah itu akan dilakukan lagi seleksi-seleksi selanjutnya, sehingga Inkai Sumut benar-benar mengirimkan karateka yang handal dan mampu mengharumkan nama daerah ini di tingkat nasional," katanya.

Menurut Arfi, selama ini karateka Inkai Sumut cukup diperhitungkan prestasinya oleh karateka-karateka lainnya dalam setiap even daerah, nasional maupun internasional.

Untuk itu, Arfi mengharapkan, seluruh karateka yang tampil di Kejurda nanti benar-benar mempersiapkan diri dan menunjukkan penampilan terbaiknya, sehingga Pengprov Inkai Sumut mampu menjadi juara umum di Kejurnas mendatang.

"Mereka ini nantinya juga sebagai cikal bakal karateka Inkai Sumut yang siap menggantikan para seniornya yang selama ini telah mampu mengharumkan nama Sumut," jelasnya.

Arfi Andika mengatakan, selain melaksanakan Kejurnas, Inkai Sumut juga akan menggelar Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Kyu Semester Dua, Minggu (12/1) di Gelanggang Remaja Medan. UKT ini akan diikuti para karateka dari 17 Pengcab ditambah satu affiliasi Inkai di Sumut.

"Ujian Kanaikan Tingkat ini diharapkan mampu diikuti seluruh karateka dengan baik, sehingga menghasilkan nilai yang memuaskan," harapnya.

Gelar musprov
Sementara itu, Pengprov Inkai Sumut berencana melaksanakan Musyawarah Provinsi (Musprov), 25 Januari 2020 di Garuda Plaza Hotel, Jalan Sisingamangaraja Medan.

Ketua Panpel Musprov InkaI Sumut tahun 2020, HM Fauzie Rao, didampingi Sekretaris Julius Lubis mengatakan, Musprov untuk memilih Ketua umum serta pengurus Inkai Sumut periode 2020-2024.

Dikatakan, Musprov akan diikuti pengurus Inkai Sumut, Majelis Sabuk Hitam (MSH), pengurus Inkai dari 17 kabupaten/kota, satu affiliasi Bapor Pertamina Pangkalan Brandan serta satu cabang istimewa.

"Diharapkan Musprov Inkai Sumut berjalan sesuai rencana dan menghasilkan keputusan yang terbaik untuk kemajuan Inkai Sumut ke depannya," jelasnya. (bejo)

TerPopuler