Kapolda Irjen Fakhrizal: Polairud Memiliki Peran Penting Memberantas Kejahatan di Laut

Kapolda Irjen Fakhrizal: Polairud Memiliki Peran Penting Memberantas Kejahatan di Laut

Rabu, 04 Desember 2019, 17:01
Kapolda Irjen Pol. Fakhrizal salam komando dengan personel Polairud. (foto ist)

Rakyatterkini (Padang) - Polisi Perairan dan Udara (Polairud) memiliki peran penting dalam memberantas berbagai kejahatan di laut, seperti ilegal fishing, penyelundupan narkoba, perdagangan manusia serta kejahatan lainnya.

Itu dikatakan Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal pada syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Polairud ke-69, di ballroom hotel Pangeran Beach Padang, Rabu (4/12).

Syukuran itu dihadiri Wakapolda Sumbar Irjen Pol Damisnur. AM, pejabat utama Polda, perwakilan TNI dan Kapolres se-jajaran.

Ketua Bhayangkari Daerah Sumbar Ny. Ade Fakhrizal beserta Pengurus Bhayangkari dan Ketua Bhayangkari Cabang se Sumbar, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Kepala Imigrasi Klas I Padang, Kepala Bea Cukai Teluk Bayur, Kepala K.S.O.P. Teluk Bayur, Kepala Divisi Navigasi Teluk Bayur, GM. Pelindo II Teluk Bayur serta personel Ditpolairud Polda Sumbar.

Kapolda menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada keluarga besar Ditpolairud Polda Sumbar yang ke 69. "Semoga semakin profesional, unggul, modern, serta senantiasa menjadi kebanggaan masyarakat, bangsa dan negara," ucap Kapolda.

Jenderal bintang dua itu mengajak seluruh yang hadir untuk merenungkan serta meresapi makna yang terkandung pada setiap peringatan hari ulang tahun, yaitu dengan menyadari sepenuhnya, bahwa seluruh capaian yang telah diraih, merupakan anugerah dan rahmat dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang harus selalu kita syukuri.

"Perayaan ulang tahun ini, merupakan momen yang tepat, untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja yang telah dilaksanakan selama ini, sebagai bahan pembelajaran bagi penyempurnaan pelaksanaan tugas kedepan agar lebih baik lagi," terangnya.

Dikatakan, Ditpolairud memiliki peran penting dalam pemberantasan berbagai kejahatan, seperti illegal fishing, penyelundupan narkotika, perdagangan manusia, serta kejahatan lainnya.

Selain itu, Ditpolairud juga berperan aktif dalam bidang kemanusiaan, seperti bakti sosial dan pengobatan gratis, menyambangi para nelayan pesisir pantai, menyambangi kelompok masyarakat di pulau terpencil, melakukan Search and Rescue (SAR) dalam berbagai bencana alam dan musibah kecelakaan, telah menjadikan Polri semakin dicintai masyarakat.

"Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi, kepada seluruh personel Ditpolairud Polda Sumbar, atas dedikasi dan pengorbanan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di Wilayah Sumatera Barat," ujarnya.

Dikatakan, pada 2020 akan diselenggarakan agenda nasional Pilkada serentak, Ditpolairud Polda Sumbar dapat berperan lebih aktif lagi dalam mendukung pengamanan agenda nasional tersebut.

Optimalkan seluruh kekuatan yang ada, guna mendukung terciptanya stabilisasi kamtibmas, sebagaimana fungsi dan peran Ditpolairud, termasuk dalam mendukung pelaksanaan tugas operasional fungsi kepolisian lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, sangatlah tepat tema yang diangkat pada peringatan hari ulang tahun Polairud tahun ini, yaitu; SDM Unggul Dengan Almatsus Modern, Korpolairud Baharkam Polri Siap Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri. (gp)

TerPopuler