Wakapolda Sumbar: Kiprah dan Prestasi Brimob Telah Menjadi Catatan Sejarah

Wakapolda Sumbar: Kiprah dan Prestasi Brimob Telah Menjadi Catatan Sejarah

Kamis, 14 November 2019, 15:31
Wakapolda Sumbar, Brigjen Damisnur memeriksa pasukan upacara HUT Brimob ke-74 di Mako Brimob Padang Sarai, Kamis (14/11). (foto ist)

Rakyatterkini (Padang) - Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol. Damisnur atas nama pimpinan Polri mengucapkan bela sungkawa atas gugurnya personel Brimob dalam berbagai penugasan menjaga NKRI.

Itu disampaikan pada upacara HUT Brimob ke-74 di Mako Brimob Padang Sarai, Padang, Kamis (14/11). "Teriring doa semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan balasan atas seluruh pengorbanan, perjuangan dan pengabdian, serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan", ujar Wakapolda membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis.

Dikatakan, Korps Brimob Polri lahir, tumbuh dan berkembang, tidak terlepas dari sejarah panjang Kepolisian Negara Republik Indonesia maupun sejarah bangsa ini. Sejak dari zaman pra kemerdekaan sampai dengan pasca reformasi saat ini, Brimob senantiasa menjadi pasukan yang paling loyal dan dapat diandalkan oleh Polri dalam menghadapi ancaman dan gangguan Kamdagri yang berintensitas tinggi.

Melalui berbagai penugasan, Brimob Polri telah menunjukan eksistensinya, antara lain, keberhasilan dalam mendukung pengamanan Pilpres dan Pileg serentak tahun 2019, penanggulangan aksi-aksi terorisme, pengamanan Operasi Ketupat 2019, aksi unjuk rasa di Bawaslu pada Mei 2019, unjuk rasa terkait isu Papua, dan unjuk rasa penolakan berbagai UU dengan jumlah massa sangat besar beberapa bulan terakhir ini.

Di tengah kesibukan menghadapi berbagai tantangan dan dinamika tugas, kiprah dan prestasi setiap personel Brimob Polri telah menjadi bagian dari catatan sejarah institusi, bangsa dan negara.

"Dengan semboyan “Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”, Korps Brimob Polri telah berhasil menunjukkan pengabdian yang tulus sebagai Bhayangkara sejati yang tidak pernah ragu dalam menjaga keamanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia", tuturnya.

Keberlanjutan program tersebut akan diperkuat melalui tujuh program prioritas, yaitu mewujudkan SDM yang unggul, pemantapan Harkamtibmas, penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisional, penataan kelembagaan dan penguatan pengawasan.

"Saya yakin dengan ridho Allah SWT dan didukung komitmen yang kuat dari kita semua, maka pelaksanaan ke tujuh program prioritas tersebut dapat berjalan dengan baik, yang pada akhirnya mampu mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia yang aman, tertib, dan maju", pungkas Wakapolda.

Upacara dihadiri oleh pejabat utama Polda Sumbar, para Wakapolres, Bhayangkari, keluarga besar Brimob Polda Sumbar, purnawirawan Brimob dan tokoh masyarakat. (*)

TerPopuler