Tito Serahkan Panji Polri ke Idham, Sekaligus Pisah Sambut

Tito Serahkan Panji Polri ke Idham, Sekaligus Pisah Sambut

Rabu, 06 November 2019, 09:19
Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis salam komando dengan Mendagri, Tito Karnavian. (foto ist)

Rakyatterkini (Jakarta) - Serah terima panji-panji Kepolisian Tribrata dari Jenderal (Purn) Tito Karnavian kepada Kapolri Jenderal Pol Idham Azis digelar di Markas Korps Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/11) pagi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan kegiatan yang bertema Pengabdian Bhayangkara Sejati Untuk Indonesia Maju ini dibagi tiga rangkaian, yakni upacara penyerahan panji-panji Kepolisian Tribrata, pisah sambut dan terakhir tradisi pelepasan Jenderal (Purn) Tito Karnavian dari jabatan Kapolri ke Mendagri.

Seluruh mantan kapolri dan mantan wakapolri diundang ke acara tersebut. "Diundang semua mantan kapolri dan mantan wakapolri, Panglima TNI, kementerian dan lembaga. Jumlah undangan hari ini ada 1.500 orang," katanya.

Dilansir Antara, hingga pukul 07.30 WIB, tamu terlihat masih berdatangan ke Mako Brimob Kelapa Dua, Depok melalui pintu utama.

Acara yang dimulai dengan pemeriksaan pasukan ini turut dimeriahkan marching band polwan, polisi satwa bersama sejumlah anjing pelacak dan polisi berkuda.

Dengan berpindahnya tongkat dan panji simbol komando tertinggi Polri, secara simbolis, Kapolri Idham Azis akan memimpin korps berbaju coklat ini hingga pensiun.

Sebelumnya, pada Jumat (1/11), Presiden Joko Widodo resmi melantik Idham Azis sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, berdasarkan Keputusan Presiden No 97 Polri 2019 tentang Pengangkatan Komjen Polisi Idham Azis sebagai Kapolri.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mendapatkan kenaikan pangkat dari tadinya Komisaris Jenderal (Komjen) menjadi Jenderal.

Kenaikan pangkat tersebut berdasarkan Keppres No 98 Polri 2019 tentang Kenaikan Pangkat dalam jabatan Perwira Tinggi Polri yang memutuskan menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi perwira tinggi atas nama Idham Azis NRP 63010868 menjadi Jenderal Polisi terhitung 1 November. (*)

TerPopuler