Tikungan Tajam dan Menurun, Etape Terpendek di TdS 2019 Sulitkan Pebalap Sepeda

Tikungan Tajam dan Menurun, Etape Terpendek di TdS 2019 Sulitkan Pebalap Sepeda

Jumat, 08 November 2019, 21:41
Pebalap melintasi jalan menurun di kawasan kebun teh Kayu Aro. (foto ist)

Rakyatterkini (Kerinci) - Meski merupakan etape dengan lintasan terpendek pada Tour de Singkarak (TdS) 2019, para pebalap sepeda yang melintasi Kayu Aro hingga Dermaga Danau Kerinci, Jambi mengaku mengalami kesulitan.

Sejatinya lintasan dengan panjang 82,9 kilometer ini terbilang cukup ringan, karena didominasi dengan turunan. Hanya ada dua titik sprint (Semurup Taher bersama Hiang) dan king of mountain (Gunung Labu serta Bukit Tengah), yang terdapat pada etape ini.

Pebalap dari Sapura Cycling Team, Akmal Hakim Zakaria yang berhasil finis diurutan kedua dengan catatan waktu 1 jam 50 menit 6 detik mengaku, meski pendek dan menurun, namun rute ini cukup sulit. Akmal menambahkan, selama perlombaan, tetap  fokus terhadap lintasan.

"Beberapa tikungan tajam dan sempit yang juga dipadati oleh masyarakat, cukup menyita konsentrasi. Saya terus fokus sembari menempel ketat pembalap-pembalap yang berada diurutan depan karena turunan dan tikungan yang tajam," katanya.

Senada dengan Akmal, pemuncak klasemen sementara yakni Jesse Ewart, juga menyebutkan kalau lintasan pada rute ini cukup menyulitkan.

"Namun, saya tetap fokus dan berusaha sekuat tenaga mempertahankan Yellow Jersey. Karena sejak awal balapan ini, target yang saya pasang adalah mempertahankan ini (Yellow Jersey)," ucap Jesse.

Diketahui, pembalap berdarah Iran yang memperkuat Foolad Mobarakeh Sepahan yakni Mohammad Ganjkhanlou, berhasil menguasai etape ketujuh yang mengambil rute Kayu Aro-Kerinci, Provinsi Jambi ini.

Mohammad GanjkhanLou mengunci gelar juara etape anyar yang memiliki panjang lintasan 82,9 kilometer dengan catatan waktu 1 jam 50 menit 6 detik, disusul pebalap dari Sapura Cycling Team bernama Akmal Hakim Zakaria di urutan kedua dengan catatan sama dan Jesse Ewart dari Sapura Cycling Team di urutan ketiga.

Ewart, sang pemuncak klasemen sementara, hingga kini masih kokoh bertengger diurutan pertama dengan total catatan waktu 26 jam 43 menit 26 detik. Disusul urutan kedua yakni, Cristian Raileanu dengan waktu 26 jam 44 menit 30 detik.

Sementara Golakhour Mirsamad Pourseyedi dari Omidnia Marshhad Team kian tertinggal jauh. Ia terpaut 3 menit 24 detik dari Jesse Ewart. (*)

Kontributor: Muhammad Aidil

TerPopuler