Satpol PP Dituntut Miliki Kemampuan Mitigasi Bencana

Satpol PP Dituntut Miliki Kemampuan Mitigasi Bencana

Senin, 25 November 2019, 21:30
Satpol PP ikuti pelatihan penanggulangan bencana. (foto ist)

Rakyatterkini (Padang) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dituntut untuk tidak hanya bisa melakukan penertiban segala bentuk pelanggaran peraturan di sebuah daerah, melainkan juga memiliki keilmuan di bidang mitigasi bencana.

Terlebih di Kota Padang yang diklaim sebagai 'Super Market' bencana, peran vital petugas dibutuhkan ketika peristiwa datang dan bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat.

"Setiap dari kita harus diberi pemahaman terhadap resiko bencana, baik kita sebagai petugas maupun sebagai masyarakat, karena saat bencana kehadiran petugas sangat dibutuhkan," kata Kasatpol PP Kota Padang, Al Amin, Senin (25/11).

Dijelaskannya, kegiatan pelatihan pencarian dan penyelamatan korban bencana dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang

"Materi yang diberikan diantaranya materi tentang penyelamatan di sungai maupun di darat. Untuk di darat masing masing personil juga dibekali pelatihan bongkar pasang tenda serta tehnik evakuasi korban, sedangkan untuk penyelamatan di sungai diberikan tutorial mengenai pengoperasian Boat sebagai Water Rescuer," tuturnya.

Sambungnya, kegiatan pemantapan Penanggulangan bencana SAR ini diikuti oleh sekitar 100personil selama lima hari ke depan.

"Sasaran dari kegiatan adalah mampu dan siap terhadap resiko, meski kita tidak mengharapkan bencana itu terjadi, namun kewaspadaan itu sangat penting," tukasnya. (mdl)

TerPopuler