Rahmad Shaleh Nasution Kini Bergelar Mangaraja Pinayungan Alamsyah

Rahmad Shaleh Nasution Kini Bergelar Mangaraja Pinayungan Alamsyah

Selasa, 19 November 2019, 07:45
H. Rahmad Shaleh Nasution usai dikukuhkan jadi Panobalan Goar. (foto erwan)

Rakyatterkini (Pasaman) - Kerinduan masyarakat Mandailing bermarga Nasution di kampung Bangun Sejati dan Setia Baru dalam melestarikan adat budayanya, kini terobati dengan dikukuhkan gelar Mangaraja Pinayungan Alamsyah, Minggu 17 November di kampung Bangun Sejati, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, H. Rahmad Shaleh Nasution dipercaya, sekaligus dikukuhkan membawakan gelar kebesaran dan kehormatan Marga Nasution yang dihadiri Wali Kota Padang Mahyeldi, Anggota DPRD Provinsi Sabar As, Wakil Ketua I DPRD Dani Ismaya beserta unsur pimpinan lainnya, Ketua Karang Taruna Prov. Sumbar, Rajo Kuamang dan para ninik mamak serta undangan lainnya.

Pengukuhan gelar Mangaraja Pinayungan Alamsyah yang dikenal dengan istilah "Panobalan Goar" dalam adat Mandailing, berlangsung dengan khidmat penuh suka cita, lengkap dengan tor-tor dan iringan gondang sembilannya.

Rajo Kuamang yang menghadiri acara "Panobalan Goar" berharap, agar Rahmad Saleh bisa menjadi contoh dan panutan yang baik bagi marga Nasution lainnya.

Sementara itu, anggota DPRD Pasaman M. Maradongan ketika dikonfirmasi mengaku bersyukur. "Saya bersama keluarga besar marga Nasution di Kecamatan Panti, khususnya Bangun Sejati dan Cahaya Baru mengucapkan selamat atas pengukuhan gelar adat Mangaraja Pinayungan Alamsyah kepada abanganda Rahmad Shaleh".

Maradongan juga mengaku sangat bahagia bercampur bangga atas pengukuhan gelar pusaka adat kali ini.

"Saya sangat bangga dengan dikukuhkannya gelar adat Abanganda Rahmat Shaleh Nasution, kami berharap dengan telah ditinggikannya seranting dan di dahulukan selangkah, Mangaraja Pinayungan Alamsyah bisa membangkitkan semangat anak kemenakan, dalam meningkatan kualitas agama dan budaya di Nagari Panti," ungkapnya.

M. Maradongan juga menceritakan marga Nasution yang melekat di Rahmad Saleh sekarang, merupakan rumpun yang sama dengan keluarga besar ayahnya Alm. H. Arjun  Nasution.

Tak lupa, pada kesempatan itu Rahmat Saleh juga mengucapkan terimakasihnya pada seluruh elemen yang ikut terlibat menyukseskan acara "Panobalan Goar" Mangaraja Pinayungan Alamsyah padanya. (St.M)

TerPopuler