Posdaya Sumbar Dinilai Tim LKKS Sumbar

Posdaya Sumbar Dinilai Tim LKKS Sumbar

Rabu, 20 November 2019, 22:02
LKKS Provinsi Sumbar melakukan penilaian LKS Posdaya Berprestasi. (foto zul)

Rakyatterkini (Padang) - Pos Pemberdayaan (Posdaya) Keluarga yang ada di kabupaten/kota tumbuh dan berkembang semakin baik. Untuk meningkatkan motivasi para penggerak posdaya ini, LKKS Provinsi Sumbar melakukan penilaian LKS Posdaya Berprestasi.

Posdaya sebagai ujung tombak pemberdayaan di tingkat jorong dan nagari/kelurahan bisa menjalankan tugas dan fungsi koordinasi berbagai organisasi yang bergerak di bidang sosial.

"Jika fungsi posdaya berjalan dengan semestinya, maka permasalahan sosial akan berkurang. Sebab lembaga/ organisasi di jorong bahkan nagari dapat bersinergi mengatasi permasalahan dan menjalankan teknis penguatan ketahanan keluarga," ujar Ketua Harian LKKS Sumbar, Drs. Parlagutan Nasution MM, Rabu (20/11).

Dikatakannya, penilaian Posdaya Berprestasi dilakukan untuk yang kelima kalinya. Penilaian ini dilakukan oleh empat dewan juri dari LKKS Sumbar dan perguruan tinggi. Dewan Juri ini bertugas untuk menilai LKS Posdaya Berprestasi 2019.

Juri akan melaksanakan penilaian dua tahap. Pada tahap I, dicari enam besar berdasarkan ekspose di hadapan para juri dan pemeriksaan oleh tim juri.

Pemenang enam besar ini akan diverifikasi ke lapangan. Verifikasi merupakan penilaian tahap kedua. Hasilnya nanti akan ditentukan dewan juri berdasarkan acuan-acuan yang telah ditetapkan.

Para pemenang akan diberi penghargaan dari Gubernur Sumbar. Mereka juga diberikan dana pembinaan yang bersifat stimulan.

Adapun peserta penilaian posdaya berprestasi tingkat Sumbar ini meliputi Posdaya Hidayah dari Air Manggis Pasaman, Posdaya Sejahtera Bersama dari Talang Maur Limapuluh Kota, Posdaya Sun Flower dari Jawi-jawi Kab. Solok, Posdaya Berkah dari Tilatang Kamang Agam, Pos Daya Belibis dari Kota Solok, Posdaya Bangau Putih dari Dharmasraya, Posdaya Cahaya Gemilang dari Koto Gadis Sunur Kab. Padang Pariaman, dan Posdaya Langkisau II Salido Kab. Pesisir Selatan. (*)

TerPopuler