Perkuat Peran UPKSA-I, Dinas Sosial Gelar Rakor

Perkuat Peran UPKSA-I, Dinas Sosial Gelar Rakor

Kamis, 14 November 2019, 16:30
Dinas Sosial Padang gelar rapat koordinasi. (foto zul)

Rakyatterkini (Padang) - Dalam rangka pelayanan kesejahteraan sosial anak, Dinas Sosial Kota Padang melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder. Kegiatan tersebut dihadiri unit penyelenggara program kesejahteraan sosial anak integratif yang dibentuk melalui SK Walikota Padang Nomor 539 tahun 2018.

Kepala Dinas Sosial Kota Padang Drs. Afriadi., MSi, mengatakan keberadaan Unit Penyelenggara Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (UPKSA-I) ini dengan stakeholder terkait, diharapkan anak-anak lebih mendapatkan pelayanan dan perlindungan yang baik dan sejahtera, terutama bagi anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus yang menjadi korban dari tindak kekerasan.

Afriadi mengatakan adapun tujuan dari dibentuknya UPKSA-I adalah melakukan upaya pencegahan dan pengurangan resiko yang berkaitan dengan masalah kesejahteraan sosial anak, melaksanakan pelayanan pengaduan/rujukan yang berkaitan dengan masalah kesejahteraan sosial anak, melaksanakan rehabilitasi dan reintegrasi sosial yang berkaitan dengan masalah kesejahteraan sosial.

UPKSA-I nantinya juga melaksanakan advokasi yang berkaitan dengan masalah kesejahteraan sosial anak serta menyelenggarakan sistem data dan informasi yang berkaitan dengan masalah kesejahteraan sosial anak.

Dijelaskan, stakeholder yang tergabung dalam UPKSA-I Dinas Sosial Kota Padang, berasal dari unsur SKPD terkait dalam perlindungan anak dan lembaga swadaya masyarakat yang pro terhadap perlindungan dan kesejahteraan sosial anak di Kota Padang. (*)

TerPopuler