Pasbar Kampanye Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Rangka HKN ke-55.

Pasbar Kampanye Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Rangka HKN ke-55.

Kamis, 21 November 2019, 16:38
Peserta kampanye komunikasi perubahan perilaku dalam rangka HKN ke-55 melakukan senam bersama. (foto robbisam)

Rakyatterkini (Pasaman Barat) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengadakan kampanye Komunikasi Perubahan Perilaku dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Pasbar.

Kegiatan berlangsung di Lapangan Hijau Lanang Bisai Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas, Kamis (21/11) dan dibuka secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Irwan.

Turut hadir, Ketua TP. PKK Pasbar, Sifrowati Yulianto, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimca Air Bangis, Wali Nagari Air Bangis Efif Syahrial, unsur Puskesmas se-Pasbar, sejumlaj pelajar dan masyarakat.

Dalam kampanye Komunikasi Perubahan Perilaku dalam rangka HKN ke-55, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Irwan menyampaikan disiplin adalah inti dari proses mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat. Disiplin adalah kunci awal dalam mewujudkan masyarakat yang sehat yakni disiplin dalam hal menerapkan indikator Gerakan Masyarakat Sehat yang telah dicanangkan pemerintah.

"Jika ingin sehat. Jaga disiplin", ungkap Irwan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP. PKK Pasbar sekaligus Anggota DPRD Komisi IV Pasbar, Sifrowati Yulianto berharap kepada Wali Nagari yang ada di Pasbar khususnya Wali Nagari Air Bangis untuk menghimbau masyarakat untuk senanatiasa menjaga kebersihan linngkungan dengan menghindari buang air besar sembarangan.

"Soal gizi saya yakin masyarakat Air Bangis unggul karena berada di kawasan pantai dan sering konsumsi Ikan yang kaya protein. Saya menghimbau kepada wali nagari untuk menghimbau masyarakatnya agar menghindari perilaku buang air besar sembarangan," himbaunya.

Di samping itu, Sifrowati menghimbau kepada Camat dan pihak Puskesmas untuk meninjau langsung masyarakat yang terjangkit penyakit menular seperti TBC untuk di data dan dilaporkan ke Dinas Kesehatan Pasbar.

"Terima kasih kepada masyarakat yang telah begitu antusias mengikuti rangkaian perayaan HKN ke 55 ini. Semoga dengan adanya kegiatan hari ini bisa kita peroleh manfaatnya," ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Pasbar, Haryunidra menyampaikan berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan telah diraih di Kabupaten Pasaman Barat yang ditandai dengan adanya peningkatan “Indeks Pembangunan Manusia” setiap tahun, dimana salah satu parameter yang diukur adalah “Usia Harapan Hidup”.

Meningkatnya Usia Harapan Hidup di Kabupaten Pasaman Barat dari 67,15 tahun di tahun 2017 menjadi 67.37 tahun di tahun 2018, hal ini menandakan bahwa adanya peningkatan derajat kesehatan di kabupaten Pasaman Barat.

Di samping itu adanya upaya perbaikan dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB di Kabupaten Pasaman Barat. Terima kasih, dan kita sangat mengapresiasi kerja keras insan kesehatan dan semua pihak terkait sehingga tujuan ini dapat tercapai.

"Ini prestasi yang membanggakan, meskipun masih ada hal yang perlu kita benahi," pungkasnya. (rb)

TerPopuler