Orientering, Kegiatan Luar Ruang Asal Skandinavia Dikampanyekan Sispala Sumbar

Orientering, Kegiatan Luar Ruang Asal Skandinavia Dikampanyekan Sispala Sumbar

Sabtu, 23 November 2019, 17:33
Pengurus FONI Sumbar dikukuhkan. (foto ist)

Rakyatterkini (Padang) - Demi mengeksplor kemampuan peserta didik agar tak hanya jago dalam urusan akademik, melainkan juga mampu melaksanakan kegiatan luar ruang.

Baru-baru ini, kegiatan luar ruang yang dipopulerkan oleh Siswa Pecinta Alam (Sispala) Sumatera Barat adalah Orientering yang berasal dari negara Skandinavia. Orientering merupakan sebuah kegiatan yang memadukan kemampuan fisik dan keahlian membaca peta para pesertanya.

"Orientering lahir dan berkembang di negara-negara skandinavia sejak 1,5 abad silam dan berkembang pesat dua abad setelahnya," kata Ketua Umum Federasi Orientering Nasional Indonesia (FONI), Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Sabtu (23/11).

Namun sebut Kunto, saat ini pihaknya masih terkendala masalah administrasi, karena FONI baru mempunyai 15 pengurus daerah di seluruh indonesia, kurang dua provinsi sebagai syarat utama yang ditetapkan oleh FONI.

"Sumatera Barat (Sumbar) merupakan pengurus daerah ke-14, yang dikukuhkan, dimana saat pengukuhannya, dilakukan oleh Gubernur Irwan Prayitno," sebutnya.

Pengda FONI Sumatera Barat yang diresmikan oleh Gubernur mempunyai kepengurusan dengan Ketua Umum, Adib Alfikri dan Ketua Harian, Alex Hendri.

"Kegiatan ini sangat berguna bagi perkembangan para pesertanya, maka saya menginstruksikan kepada para kepala sekolah untuk mengaktifkan Sispala, karena kegiatan ini sangat cocok dilakukan oleh penggiat kegiatan di alam terbuka," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumbar tersebut.

Mantan anggota Sispala Galapagos, Irawati Meuraksa menyebut, kehadiran Sispala sangat bermanfaat dan membentuk kepribadian individu yang lebih berkualitas.

"Jelajah alam membuat mental, karakter serta kemampuan saya memutuskan sebuah persoalan sangat baik dan itu sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai yang ada di Sispala," sebutnya.

Ketua Perkumpulan Galapagos (organisasi pecinta alam SMAN 1 Padang), Syofwim Syofwan, setuju dengan Irawati Meuraksa yang menyebut bahwa Sispala dan Orientering membentuk kepribadian yang lebih baik.

"Orientering dan Sispala, merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan," ucapnya singkat. (*)

TerPopuler