Minang Geopark Run, Bupati: 'Nikmati Keindahan Alam Rang Agam'

Minang Geopark Run, Bupati: 'Nikmati Keindahan Alam Rang Agam'

Sabtu, 30 November 2019, 11:57
Bupati Agam Indra Canti sambut peserta Minang Geopark Run. (foto ist)

Rakyatterkini (Agam) - Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri menyambut kedatangan peserta Minang Geopark Run, Jumat (29/11) malam di Objek Wisata Lawang Park, Kecamatan Matur.

Peserta dijamu dengan makan malam bersama, kemudian disungguhi juga dengan penampilan kesenian tradisional seperti tari piring, silek dan randai.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto, para asisten di lingkungan Setda Agam, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dan kepala OPD lainnya.

"Selamat datang di Agam, semoga merasa betah dan berkeinginan kembali datang ke negeri bertuah ini. Sebagaimana tagline Ayo ke Agam, kita ingin mengajak banyak orang untuk berkunjung," ujar Indra Catri pada awal sambutannya.

Indra Catri menyebutkan, orang geologi mengatakan Agam terdiri dari tiga satuan geomorfologi karena memiliki danau, laut dan gunung. Pada Geopark Run kali ini, hanya menempuh dua geopark di daerah itu seperti Danau Maninjau dan Ngarai Sianok.

Peserta Geopark Run star hari ini, Sabtu (30/11) dari depan Kantor Bupati Agam, sekitar pukul 06.30 WIB. Sedangkan finis di Objek Wisata Tabiang Takuruang Ngarai Sianok dengan jarak tempuh sekitar 65 KM

"Silahkan nikmati sensasinya, karena nanti ada namanya kelok 44 dan di sana terlihat jelas landscape Danau Maninaju salah satu geopark di Agam," kata Indra catri.

Ketua panitia pelaksana, Tri Saputra mengatakan, Minang Geopark Run digelar kembali karena pelaksanaan tahun lalu berlangsung sukses. Kegiatan ini didesain bukan hanya untuk mempromosikan keindahan alam, tapi juga mengedukasi bagaimana terjadinya Danau Maninjau dan Ngarai Sianok.

"Untuk itu terimakasih kepada peserta yang telah menyempatkan diri datang ke Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Agam. Meski banyak kompetisi di daerah lain, tapi Agam tetap menjadi tujuan," ujarnya.

Dijelaskan, Geopark Run sudah mulai dilirik provinsi lain. Namun di ranah minang akan tetap dilaksanakan, karena sudah mulai menjadi agenda tahunan di Sumatera Barat.

Kepala Disparpora Agam, Syatria mengatakan, Geopark Run diikuti 118 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu juga ada 250 pelajar SMP dan SMA untuk lari 5 KM. (rsy)

TerPopuler