Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi: Bupati Hendrajoni Pro Keterbukaan Informasi

Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi: Bupati Hendrajoni Pro Keterbukaan Informasi

Selasa, 19 November 2019, 08:00
Ketua KI Sumatera Barat, Adrian Tuswandi menyerahkan penghargaan pada PPID pembantu terbaik di Pemkab Pesisir Selatan. (foto ist)

Rakyatterkini (Painan) - Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat, Adrian Tuswandi,
apresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, yang melakukan pemilihan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Pembantu terbaik tahun 2019.

Itu disampaikan Adrian Tuswandi, saat penganugerahan PPID pembantu terbaik Pesisir Selatan, di Gedung Painan Cenvention Centre (PCC), Senin (18/11).

Menurut Adrian, Pesisir Selatan, merupakan kabupaten pertama yang melakukan penilaian keterbukaan informasi dilingkup internalnya melalui pemilihan PPID pembantu terbaik.

"Pesisir Selatan satu-satunya kabupaten di Sumatera Barat bahkan mungkin di Indonesia yang melakukan penilaian keterbukaan informasi bagi perangkat daerah melalui pemilihan PPID pembantu terbaik," kata Adrian.

Berdasarkan hal tersebut, dirinya menilai Bupati Hendrajoni, merupakan bupati memiliki perhatian besar terhadap keterbukaan informasi.

"Sudah sepantasnya Bupati Hendrajoni, dinobatkan sebagai bupati penggerak keterbukaan informasi publik," katanya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, dalam sambutannya menegaskan aparat pemerintah kabupaten, kecamatan dan nagari harus transparan kepada masyarakat dalam pengelolaan anggaran daerah.

Dikatakan, pelaksanaan anggaran harus dilakukan secara transparan kepada masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan hasilnya. Tidak boleh ada yang disembunyikan.

"Pengelolaan anggaran harus transparan, tidak boleh  ada yang ditutupi, karena jika ada yang ditutupi dapat membuat orang lain curiga" kata Bupati Hendrajoni.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Junaidi, melaporkan penilaian PPID pembantu terbaik dilakukan oleh tim bersama Komisioner KI Provinsi Sumatera Barat.

Penilaian PPID pembantu terbaik dilakukan terhadap PPID pembantu pada  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan PPID pembantu nagari.

Berdasarkan hasil penilaian ditetapkan PPID pembantu yang berhak menerima anugerah PPI pembantu terbaik, terbaik I Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, terbaik II RSUD M.Zen Painan dan terbaik III Satpol PP dan Damkar.

Sedangkan PPID pembantu terbaik kategori nagari, terbaik I PPID pembantu Nagari Lunang Tiga, terbaik II Nagari Kubu Tapan dan Nagari Bungo Pasang Salido.

Dalam kesempatan itu, Dinas Kominfo Pessel juga dilakukan launching portal layanan informasi dan komunikasi terintegrasi yang disingkat Tali Kasi Pessel.

Portal Tali kasi Pessel aplikasi berbasis android, menyajikan berita Pessel terkini, chating online dan berita radio.

Hadir dalam kesempatan anggota DPD RI Alirman Sori, Sekda Ir. Erizon, anggota KI Sumbar Arif Yumardi serta kepala OPD di Pemkab Pesisir Selatan. (*)

Kontributor: Roni Prima

TerPopuler