Kapolres Mentawai Tutup Pelatihan SAR

Kapolres Mentawai Tutup Pelatihan SAR

Rabu, 20 November 2019, 21:26
Pelatihan SAR di Mentawai ditutup dan diakhiri foto bersama. (foto jaibi)

Rakyatterkini (Mentawai) - Kapolres Mentawai, AKBP Dodi Prawiranegara resmi tutup pelatihan Potensi SAR Mentawai yang berlangsung di lokasi Pariwisata Home Stay Pantai Mapaddegat, Selasa (19/11).

Pelatihan berlangsung sejak minggu kemaren dan melibatkan instansi terkait serta pelatihan, persiapkan untuk mengikuti latihan potensi SAR dalam pencarian dan pertolongan dipermukaan air, karena daerah Mentawai memang lokasi perairan.

Menurut Kapolres, dengan adanya pelatihan Potensi SAR yang diadakan Basarnas Mentawai ini, mudah mudahan membawa Basarnas ke depan menjadi lebih baik.

"Kita berharap pelayanan Kantor SAR menjadi terdepan dalam melakukan aksi kemanusian khususnya dalam pencarian dan pertolongan," ucap Dodi.

Sementara itu Kepala Kantor Sar Mentawai, Akmal S,Sos menyebutkan pelatihan potensi SAR lebih mengarah sesuai dengan rencana kontijensi, yakni kecelakaan kapal di laut.

"Ini kita rangkai seakan akan benar terjadi di perairan Mentawai, tapi dalam konteks simulasi walaupun kita tidak menginginkan itu terjadi," ujar Akmal.

Kita bisa mengingat kejadian beberapa kecelakaan 2018 hingga 2019 yang sudah Basarnas lakukan, SAR Mentawai mencatat sebanyak 20 kecelakaan laut diperkecil menjadi 15 kasus.

"Diantaranya kapal terbakar, tenggelam, lost kontak dan mati mesin, dari 15 kasus tersebut kapal mati mesin ada 8, maka berdasarkan kasus, pelatihan potensi SAR kecelakaan kapal dilakukan sesuai rencana kontijensi," tutur Akmal.

Dikatakan, pelatihan potensi SAR dalam penyelamatan di permukaan air dan kecelakaan kapal melibatkan 40 peserta dan kegiatan sudah terlaksana selama 7 hari dan peserta dalam pelatihan akan diberikan sertifikat.

"Pelatihan potensi SAR sudah kita laksanakan, harapan kita dengan adanya pelatihan ini, personil Sar bertambah di berbagai daerah dan dapat menyatukan kita dalam melakukan aksi kemanusian, Basarnas siap melayani dan siap bertugas di manapun," pungkasnya. (jbi)

TerPopuler