Kapolda Irjen Fakhrizal Kunjungi dan Serahkan Bantuan Korban Banjir Bandang di Tanjung Sani

Kapolda Irjen Fakhrizal Kunjungi dan Serahkan Bantuan Korban Banjir Bandang di Tanjung Sani

Jumat, 22 November 2019, 19:28
Kapolda Irjen Fakhrizal bersama Bupati Agam, Indra Catri dan wakil bupati Trinda Farhan Satria mengunjungi lokasi longsor di Tanjung Sani, Maninjau, Agam, Jumat (22/11). (foto ist)

Rakyatterkini (Agam) - Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal mengunjungi lokasi banjir bandang di Nagari Tanjung Sani, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Jumat (22/11).

Nagari di salingka Danau Maninjau itu dilanda musibah longsor pada Rabu (20/11) sekitar pukul 18.30 WIB. Akibatnya, beberapa rumah warga di wilayah tersebut diterjang tanah longsor. Material tanah dan bebatuan juga menutup akses jalan.

"Kita datang ke sini melihat dari dekat musibah yang terjadi sambil memberikan bantuan," ujar Kapolda.

Informasi yang diperoleh, 13 kepala keluarga menjadi korban dari musibah tersebut. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dikatakan, 13 kepala keluarga yang terkena musibah itu akan dipindahkan ke tempat lain oleh Pemkab Agam.

Kapolda Irjen Fakhrizal menyerahkan bantuan pada korban yang rumahnya hancur akibat dilanda longsor

Pihak kepolisian dari Polres Agam, Kodim 0304/Agam, BPBD dan instansi terkait lainnya bersama-sama membantu membersihkan material tanah yang menimpa rumah warga.

Selain datang untuk melihat dampak yang terjadi akibat banjir bandang ini, Fakhrizal juga memberikan bantuan sembako dan uang tunai untuk meringankan beban korban.

"Hari ini saya sengaja datang ke sini untuk melihat bagaimana penanganannya. Alhamdulillah penanganannya sudah sangat baik", ujar Fakhrizal.

Kapolda Sumbar menuturkan, musibah yang terjadi itu merupakan murni akibat bencana alam, dan bukan karena illegal logging.

"Ini betul-betul musibah, karena hujan lebat dan curah hujan tinggi. Dan ini daerah jalur merah (rawan), masyarakat juga sudah diingatkan untuk relokasi namun sampai saat sekarang masyarakat betah tinggal di sini", pungkasnya.

Selain Kapolda Sumbar, beberapa pejabat utama Polda Sumbar juga ikut mendampingi, diantaranya Karoops Kombes Pol Firly RS, Dirlantas Kombes Pol Nurhandono, Dirpolairud Kombes Pol Soelistijono, Kabid Propam Kombes Pol Suranta Pinem dan Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu.(*)


TerPopuler