Jesse Ewart 'Berjibaku' Dengan Pebalap Indonesia

Jesse Ewart 'Berjibaku' Dengan Pebalap Indonesia

Minggu, 03 November 2019, 19:07
Pebalap Sapura Cycling Team, Malaysia, Jesse Ewart kembali berjaya. (foto ist)

Rakyatterkini (Padang) - Pebalap sepeda dari Sapura Cycling Team, Malaysia, Jesse Ewart berhasil pertahankan tren positif dalam lanjutan Tour de Singkarak (TdS) 2019.

Pria berkebangsaan Australia tersebut meraih kemenangan usai berpacu secara sengit dengan pebalap asal Indonesia, Firdaus Ahmad Yoga Ilham yang bermain untuk PGN Road Cycling Team.

Bahkan selisih waktu mereka hanya 27 detik demi bisa meraih posisi teratas di podium.

Dalam balapan yang mengambil rute Kabupaten Pasaman-Kota Bukittinggi ini, Jesse Ewart kembali mampu menaklukkan rute sepanjang 112,2 kilometer dengan catatan waktu 2 jam 51 menit 13 detik.

Sementara untuk posisi ketiga, diraih oleh rekan setim Firdaus Ahmad Yoga Ilham, yaitu Jamalidin Novardianto. Untuk diketahui, Jamailidin adalah pebalap Indonesia pertama yang meraih semua jersey atau semua kelas kerumitan dalam balap sepeda TdS tahun lalu etape Kota Bukittinggi-Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar.

Meski menyabet gelar Best Indonesia Rider, namun Firdaus harus merelakan Red and White Jersey ketangan Shabana Agung yang memperkuat KFC Cycling Team lantaran masih kalah dalam perolehan total catatan waktu sejak etape kemarin.

Pada etape ini, total waktu yang dibukukan Shabana Agung yakni 5 jam 29 menit 40 detik. Shabana unggul tipis 4 detik dari Firdaus.

Dengan finish terdepan, Jesse Ewart, kembali berhasil mempertahankan Yellow Jersey dan gelar Best Sprinter Classification.

Ia juga mempertahankan Green Jersey, sedangkan untuk kategori Best Climber Classification atau raja tanjakan lepas dari tangan Jesse dan beralih ke Marcelo Felipe dari 7 Eleven QQ-Air 21 By Road Bike Philippines.

Marco berhasil membukukan 24 poin selisih 11 angka dari Jesse.

Sementara itu, hasil positif pada Etape kedua ini juga diraih oleh PGN Road Cycling Team. Mereka, berhasil menempati urutan pertama di kategori Stage Team Classification dengan total waktu 8 jam 35 menit 54 detik.

Sementara tim Go For Gold Philippines berada di urutan kedua dengan total waktu 8 jam 35 menit 34 detik. Dilanjutkan Banyuwangi Road Cycling Community di urutan ketiga dengan total waktu 8 jam 36 menit 21 detik.

Hingga kini, Jesse Ewart masih memimpin klasemen sementara dengan total waktu 5 jam 25 menit 53 detik. Disusul pembalap atas nama Cristian Raileanu dari Sapura Cycling Team dengan catatan waktu 5 jam 27 menit 02 detik dan, Chaiyasombat Thanakhan dari Thailand Continental Cycling Team yang mengantongi total catatan waktu 5 jam 29 menit 32 detik diurutan ketiga.

Sedangkan untuk ketegori Team General Classification By Time, Sapura Cycling Team bertengger diurutan pertama setelah membukukan total catatan waktu 16 jam 28 menit 48 detik. Disusul urutan kedua Go For Gold Philippines dengan catatan waktu 16 jam 30 menit 15 detik dan PGN Road Cycling Team diposisi Ketiga dengan catatan waktu 16 jam 30 menit 24 detik.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 95 pembalap dari 24 negara yang tergabung di 18 tim beradu strategi, ketangkasan dan kecepatan untuk menaklukkan seluruh rintangan pada etape 2 yang mengambil lokasi star dari Kabupaten Pasaman menuju Kota Bukittinggi. (*)

Kontributor: Muhammad Aidil

TerPopuler