Doni Monardo: Dulu Bisa Bermain Bola Jika ke Pantai Padang, Sekarang Tidak

Doni Monardo: Dulu Bisa Bermain Bola Jika ke Pantai Padang, Sekarang Tidak

Kamis, 07 November 2019, 21:56
Kepala BNPB, Doni Monardo meninjau abrasi pantai Padang. (foto ist)

Rakyatterkini (Padang) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengungkapan kondisi pantai di ibukota Sumatera Barat (Sumbar) tersebut saat ini jauh berbeda.

"Jika dulu kita bisa bermain bola di pinggir pantai, termasuk di belakang monumen ini, sekarang hal itu tidak bisa lagi dilakukan lantaran ombak besar dan abrasi," katanya, Kamis (7/11).

Abrasi atau pengikisan tanah memang telah mengancam sejumlah objek vital di sekitar Pantai Padang, salah satunya Monumen Merpati Perdamaian.

BNPB sebut Doni, telah mencoba berbagai upaya untuk membantu dalam penanganan abrasi pantai Padang, salah satunya memberikan bibit pohon guna menahan abrasi.

"Namun cara tersebut masih kurang efektif, karena kondisi ombak di pantai Padang yang cukup besar, sehingga perlu dilakukan kombinasi antara penanganan secara alamiah dengan buatan manusia," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Walikota Padang, Hendri Septa menyebut, ke depannya akan dibangun pembatas permanen agar dapat menyelamatkan pantai Padang dari abrasi.

"Kita sudah melakukan berbagai cara, seperti pemasangan karung berisi pasir, namun belum optimal. Untuk itu perlu pembatas permanen, bagaimana teknisnya kami serahkan ke instansi terkait, namun jika dibutuhkan kami siap membantu untuk sejumlah hal, seperti logistik dan pekerjanya," ucapnya. (*)

Kontributor: Muhammad Aidil

TerPopuler