Disematkan Mendikbud, Bupati Hendrajoni Terima Dwija Praja Nugraha dari PGRI

Disematkan Mendikbud, Bupati Hendrajoni Terima Dwija Praja Nugraha dari PGRI

Sabtu, 30 November 2019, 19:41
Bupati Pessel, Hendrajoni bersalaman dengan Mendikbud Nadiem Makarim. (foto ist

Rakyatterkini (Painan) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni, kembali menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha (DPN) dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Jakarta, Sabtu (30/11).

Penghargaan DPN tersebut disematkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim kepada Bupati Hendrajoni, pada puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2019 dan hari Persatuan Guru Republik (PGRI) nasional ke-74 di Stadion Wibawa Multi Kabupaten Bekasi.

Ketua PGRI Kabupaten Pesisir Selatan, Suhendri, S.Pd, M.Si, ketika dihubungi menuturkan Bupati Hendrajoni merupakan bupati satu satunya dari Sumatera Barat dari 20 orang kepala daerah yang menerima penghargaan yang sama.

Dikatakan, penghargaan DPN diberikan PGRI kepada Hendrajoni, atas perhatian dan komitmennya yang tinggi terhadap pengembangan profesi guru, kemajuan pendidikan dan PGRI di Pesisir Selatan.

Sementara itu, Bupati Hendrajoni mengemukakan, pihaknya telah melakukan berbagai hal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru. Diantaranya, dengan menaikan gaji guru honorer dari semula Rp200 ribu menjadi Rp750 ribu perbulan. Selain itu, Bupati Hendrajoni, juga mengangkat guru honorer menjadi guru kontrak.

Dijelaskan, kebijakan tersebut dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan guru, sehingga dengan demikian akan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan itu, bupati juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama guru atas dukungan dan kebersamaan dalam membangun Pesisir Selatan.

"Penghargaan ini adalah milik masyarakat Pesisir Selatan, terutama para guru dan tenaga pendidik lainnya," kata Hendrajoni.

Diharapkan penganugerahan penghargaan ini dapat menjadi cimeti untuk mendorong kemajuan Pesisir Selatan disegala bidang.

Sebagaimana diketahui Bupati Hendrajoni, akhir akhir ini "banjir" penghargaan. Dua bulan terakhir bupati  menerima lima penghargaan,  seperti Inagara dari Lembaga Asministrasi negara (LAN), Anugerah Pandu Nusantara ( APN) piala swastisaba wistara, dan terakhir menerima adhikarya pangan nusantara dari Gubernur Sumbar.

Sebelumnya juga sudah menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari gubernur, sebagai kepala daerah terbaik dalam membina ketahanan pangan. (*)

Kontributor: Roni Prima

TerPopuler