Bupati Hendrajoni Terima Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Suwastisaba Wistara

Bupati Hendrajoni Terima Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Suwastisaba Wistara

Selasa, 19 November 2019, 15:30
Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, didampingi Ketua TP PKK, Lisda Hendrajoni setelah menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (foto ist)

Rakyatterkini (Painan) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, H. Hendrajoni menerima penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Suwastisaba Wistara tingkat nasional 2019.

Penghargaan bergengsi itu diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian kepada Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni didampingi Ketua TP PKK, Hj.Lisda Hendrajoni, Selasa (19/11) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta. Penyerahan penghargaan juga dihadiri Menteri Kesehatan, Dr.dr.Terawan Agus Putranto.

Bupati Hendrajoni ketika dihubungi mengatakan, penghargaan berskala nasional kembali diraih Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019. Kali ini, Pesisir Selatan mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Suwastisaba Wistara yang merupakan kategori tertinggi dalam penilaian kabupaten sehat.

Disebutkan, sebelumnya tahun 2017 lalu Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh penghargaan dengan kategori Suwastisaba Wiwerda. Tahun 2019 ini naik ke kategori Swastisaba Wistara yang merupakan kategori tertinggi tingkat nasional.

Menurutnya,  Pesisir Selatan memperoleh penghargaan kabupaten sehat setelah melalui proses penilaian yang meliputi enam tatanan penilaian dan 220 indikator yang dilakukan oleh tim penilai pusat kabupaten sehat di Pessel.

Enam tatanan penilaian itu diantaranya, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan sarana lalulintas tertib, kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum serta kehidupan sosial yang sehat.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni memberikan apresiasi atas keberhasilan Pesisir Selatan meraih predikat kabupaten sehat kategori Swastisaba Wistara. "Penghargaan ini bukti keberhasilan Pesisir Selatan diberbagai bidang pembangunan," katanya.

Selain itu bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berpartisi dalam mewujudkan Pesisir Selatan menjadi daerah yang pantas menerima penghargaan tertinggi untuk penilaian kabupaten sehat tahun 2019 ini.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pessel, dr.Satria Wibawa mengungkapkan, kabupaten sehat merupakan penghargaan untuk kota/kabupaten sehat terbagi dalam tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).

Pada tingkat kabupaten, dimotori oleh Forum Kabupaten Sehat yang mensinergikan pembangunan agar berwawasan kesehatan. Di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat dan di desa atau nagari oleh Forum Desa Sehat. (*)

Kontributor: Roni Prima

TerPopuler