Bupati Hendrajoni Tandatangani Komitmen Bersama Penurunan Stunting

Bupati Hendrajoni Tandatangani Komitmen Bersama Penurunan Stunting

Jumat, 15 November 2019, 17:16
Bupati Pessel, Hendrajoni menandatangani komitmen bersama  memberantas stunting. (foto ist)

Rakyatterkini (Painan) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni, menjadi inspektur upacara peringatan hari kesehatan nasional (HKN) di halaman kantor bupati, Jumat (15/11).

Hadir dalam upacara, Sekda Ir. Erizon, MT, anggota Forkopimda serta pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Pesisir Selatan.

Bupati membacakan amanat tertulis Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.
 Ada dua isu utama kesehatan dewasa ini, yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional. Sementara itu ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

Pemerintah mengklaim lima tahun terakhir berhasil menurunkan angka stunting sebesar 10 %. Sementara penggunaan JKN bagi masyarakat mengalami peningkatan, namun tidak disebutkan besar peningkatannya.

Usai upacara, Bupati Hendrajoni, berserta Sekretaris Daerah Erizon dan seluruh kepala perangkat daerah menandatangani komitmen bersama dukungan penurunan stunting, kematian ibu  dan angka kematian neotanus (bayi) di Pesisir Selatan.

Penandatanganan komitmen bersama tersebut diawali oleh Bupati Hendrajoni, kemudian disusul Sekda Erizon, dan para kepala perangkat daerah.

Dalam rangkaian peringatan HKN tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kabupaten penggiat gerakan masyarakat sehat (Germas) terbaik di Sumatera Barat.

Sebagaimana diketahui Kabupaten Pesisir Selatan, ditetapkan sebagai kabupaten penggiat Germas terbaik tingkat Sumatera Barat.

Penghargaan ini sebelumnya sudah diserahkan oleh Gubernur Irwan Prayitno kepada bupati yang diwakili Asisten II Setdakab Mimi Riarty Zainul, pada acara peringatan HKN ke-55 tingkat Sumatera Barat, Selasa (12/11). (*)

Kontributor: Roni Prima

TerPopuler