Banjir Solok Selatan, Kerugian Ditaksir Rp7 Miliar

Banjir Solok Selatan, Kerugian Ditaksir Rp7 Miliar

Senin, 25 November 2019, 23:08
Banjir Solok Selatan mengakibatkan jembatan rusak parah. (foto ist)

Rakyatterkini (Solok Selatan) - Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman mengatakan estimasi kerugian bencana banjir bandang di sejumlah wilayah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mencapai Rp7 miliar.

"Namun itu belum definitif, masih tentatif kerugiannya dan di luar jembatan yang rusak, baru rumah milik korban terdampak. Info terakhir belum dapat saya," kata Erman Rahman, Senin (25/11).

Disebutkan Erman, terdapat tiga wilayah yang terdampak parah banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, yaitu Kecamatan Sangir, Koto Parik Gadang di Ateh (KPGD) dan Sungai Pagu.

"Di Sangir terdapat 38 Kepala Keluarga (KK) dengan 142 jiwa, KPGD 108 KK, 480 jiwa dan Sungai Pagu yang juga mencakup Muara Labuh berjumlah 957 KK dengan 5.300 jiwa. Tiga kawasan juga tersebut juga merupakan titik ," paparnya.

Adapun titik banjir di tiga wilayah tersebut dijelaskannya karena intensitas hujan yang cukup tinggi, namun Erman membantah banjir disebabkan karena aktitas pembalakan liar di hulu sungai.

"Tidak ada karena pembalakan liar, banjir karena intensitas hujan yang cukup tinggi, namun terpenting 12 ribu korban jiwa terdampak telah pulang dan petugas masih melakukan pembersihan material lumpur akibat banjir yang melanda kawasan tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Selatan, Richi Amran tidak bisa dihubungi melalui sambungan telepon, begitupun dengan pesan singkat melalui kanal WhatsApp Messenger yang dikirimkan Tagar hingga berita ini diturunkan tidak merespon. (mdl)

TerPopuler